Dubai World Restrukturisasi Utang USD24,9 M

Candra Setya Santoso, Jurnalis · Minggu 12 September 2010 13:53 WIB
https: img.okezone.com content 2010 09 12 213 371778 k9zIUouZhL.jpg Logo Dubai World. (Foto: topnews.ae)

DUBAI - Langkah luar biasa dilakukan Dubai World yang berhasil keluar dari jurang kebangkrutan. Hal tersebut terbukti dari restrukturisasi hampir seluruh utangnya senilai USD24,9 miliar.

Seperti dikutip dari Associated Press, Minggu (11/9/2010), tak ayal, nilai utang yang berhasil direstrukturisasi itu mencapai 99 persen dari seluruh kreditur Dubai World.

"Perjanjian ini sebuah konsensus yang kuat dengan proposal yang sportif dan berimbang dan sebuah kunci untuk maju yang menempatkan kondisi keuangan Dubai World semakin stabil sehingga bisa mewujudkan potensi bisnisnya," kata Kepala Komisi Fiskal Dubai, Sheik Ahmed bin Saeed Al Maktoum.

Restrukturisasi ini sebagai upaya Dubai World akibat terhimpit krisis ekonomi pada November tahun lalu. Secara mengejutkan perusahaan investasi Qatar ini mengumumkan membutuhkan miliaran dollar utang untuk menyelamatkan proyeknya.

Pada Mei lalu, Dubai World kembali mendapat dukungan dari tujuh bank. Tujuh bank besar ini telah meminjam uang sebanyak 60 persen dari utang Dubai World. Lima dari tujuh adalah bank asing yakni, Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ, HSBC Holding PLC, Lloyds Bangking Group PLC, Royal Bank of Scotland Group PLC, dan Standard Chartered PLC. Dua lainnya yakni Emirates NBD dan Abu Dhabi Commercial Bank.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini