Share

Pengusaha China Difasilitasi Berbisnis di Brasil

Didik Purwanto, Jurnalis · Senin 20 September 2010 11:22 WIB
https: img.okezone.com content 2010 09 20 320 373783 wENbUum8gy.jpg ilustrasi Foto: Corbis

JAKARTA  - The Hong Kong and Shanghai Banking Corporation Limited (HSBC) China akan memfasilitasi pengusaha China dalam berbisnis di Brasil. Layanan tersebut akan mendorong perusahaan China yang tertarik berbisnis perdagangan maupun investasi di Amerika Latin terutama Sao Paulo Brasil.

"Kami sudah membuka layanan perdagangan Amerika Latin dengan China di Shanghai awal tahun ini. Langkah ini akan menjadi timbal balik yang menguntungkan antardua negara," ungkap Managing Director Global Banking HSBC China Gordon Lam di Jakarta, Senin (20/9/2010).

Layanan yang diberikan meliputi solusi banking internasional termasuk nilai tukar, pengelolaan keuangan (cash management), trade finance, payments, dan remitansi.

Sebenarnya kerja sama dua negara ini sudah terjalin 10 tahun lalu. Kini nilai perdagangannya juga sudah mencapai 10 kali lipat. Brasil juga menjadi salah satu tujuan berbisnis bagi perusahaan-perusahaan China.

Berdasarkan laporan United Nations Economic Commission di Amerika Latin dan Karibia (UNECLAC) April 2010, investasi asing langsung (foreign direct investment) China khususnya sektor non keuangan naik 27,7 persen menjadi USD41,2 miliar di 2009.

Tujuan perdagangannya adalah Brasil, Peru, Argentina, Venezuela, dan Mexico. Sementara tiga negara yang mengontribusikan volume perdagangan terbesar adalah Brazil, Chili, dan Mexico. HSBC Group di Amerika Latin merupakan bank internasional ketiga yang mencatatkan laba sebelum pajak naik 52 persen (yoy) menjadi USD883 juta di kuartal I-2010.(adn)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini