nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wow, Bill Gates Danai Forum AFI di Bali

Ade Hapsari Lestarini , Jurnalis · Senin 27 September 2010 07:23 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2010 09 27 20 376200 gkWowm1yEk.jpg Bill Gates. Foto: Reuters

BALI - The Alliance for Financial (AFI) 2010 Global Policy Forum, pertemuan yang dihadiri sekira 50 negara ini ternyata didanai oleh Melinda & Bill Gates Foundation yang dikelola atas nama anggotanya oleh Deutsche Gesellschaft fur Technische Zusammenarbeit GmbH (GTZ).

Berdasarkan keterangan tertulis yang dikutip okezone, Senin (27/9/2010), forum AFI dibentuk untuk menghubungkan para pembuat kebijakan di negara-negara berkembang dengan pengetahuan yang benar, sumber daya dan mitra strategis pada waktu yang tepat.

Hal ini dilakukan dengan tujuan agar mereka dapat mengembangkan dan mengimplementasikan solusi Financial Inclusion paling tepat untuk setiap situasi di masing-masing negara. Di forum AFI yang digelar kedua kalinya ini diselenggarakan di Bali, pada 27-29 September 2010.

Pada pertemuan kali ini mengusung tema Taking Financial Inclusion to the Next Level yang mengundang para pemerhati serta akademisi, serta strategic partners untuk terlibat dalam diskusi mengenai kebijakan untuk membawa financial inclusion pada level implementasi yang lebih luas.

Selain itu, ada dua tujuan dari dihelatnya forum ini, pertama mewadahi para pengambil kebijakan untuk saling berbagi pengalaman dan mengeksplorasi berbagai upaya untuk meningkatkan dan memperluas akses layanan keuangan melalui kebijakan dan pendekatan kelembagaan yang inovatif.

Kedua, mengembangkan dan memperdalam kebijakan dalam komunitas financial inclusion melalui aktivasi jaringan AFI, yakni para pengambil kebijakan dari negara-negara yang sedang berkembang.

Selain itu, forum ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dari pembahasan mengenai financial inclusion-G20, di mana dalam rangka menyusun Principles for Innovative Financial Inclusion, G20 di antaranya mendasarkan pada hasil survei yang dilakukan oleh AFI.

Terkait dengan Indonesia sebagai tuan rumah, Indonesia dapat belajar dari pengalaman berbagai negara mengenai solusi financial inclusion yang tepat, mempunyai beragam praktek financial inclusion yang dapat dijual kepada masyarakat internasional, serta lebih mendapatkan perhatian baik dari nasional maupun internasional terhadap upaya-upaya pengembangan financial inclusion khususnya yang dilakukan Indonesia.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini