nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Harga Right Issue Pan Brothers Rp1.350/Saham

Widi Agustian, Jurnalis · Senin 20 Desember 2010 09:26 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2010 12 20 278 405108 2TsCD3UtoP.jpg Ilustrasi

JAKARTA - PT Pan Brothers Tbk (PBRX) menawarkan harga saham right issue sebesar Rp1.350 per saham. Dengan demikian, total dana segar yang bakal diraih perseroan dari aksi ini mencapai Rp601,34 miliar.

Tiap pemegang satu saham PBRX nantinya memiliki satu hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD). Dan satu HMETD ini berhak untuk membeli satu saham biasa yang diterbitkan perseroan. Berperan sebagai pembeli siaga dari right issue ini adalah PT Trisetijo Manunggal Utama.

Seperti terungkap dalam keterangan tertulis perseroan yang dipublikasikan di Jakarta, Senin (20/12/2010), penawaran umum terbatas (PUT) II ini juga dibarengi dengan penerbitan waran seri I dengan harga penawaran Rp1.600. Sehingga total dana dari waran ini mencapai Rp237,57 miliar.

Tiga pemegang saham baru tadi akan berhak atas satu waran seri I ini yang berhak untuk membeli satu saham baru nantinya.

Dana PUT yang diraih perseroan akan dipergunakan untuk investasi perluasan kapasitas produksi perseroan sebanyak 16,73 persen, serta menambah penyertaan pada di anak usaha PT Pancaprima Ekabrothers sebanyak 33,33 persen.

Sebanyak tiga persen akan digunakan utnuk membeli tanah dan bangunan pabrik dari Liliana Gani yang merupakan pihak yang terafiliasi dengan perseroan, dan sekira 39,99 persen akan digunakan untuk meningkatkan modal kerja dan pengembangan usaha baik di persroan atau anak perseroan.

Lalu sebanyak 6,95 persen atau Rp41,69 miliar akan digunakan untuk mengambilalih 51 persen saham PT Hollit Internastional dan setelah itu menambah penyertaan sesuai prosentase kepemilikan saham masing-masing pemegang saham di Hollit International.

Awalnya, perseroan akan mengambil 51 persen saham Hollit ii dengan nilai Rp23,8 miliar. selanjutnyam, sebagai salah satu persyaratan dalam transaksi tersebut, perseroan harus melakukan tambahan penyertaan secara proporsional sesuai dengan prosentase kepemilikannya dalam perusahaan dengan nilai Rp17,88 miliar.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini