Wow, Turis Asing Tak Kena PPN di Yogyakarta Mulai 1 Januari 2011

Andina Meryani, Jurnalis · Selasa 21 Desember 2010 13:46 WIB
https: img.okezone.com content 2010 12 21 20 405667 qsJbfIE8MZ.jpg ilustrasi Foto: Ade Lestarini/okezone

JAKARTA - Bandara Internasional Adisucipto, Yogyakarta ditetapkan sebagai tempat pemberian pelayanan permintaan kembali Pajak Pertambahan Nilai barang bawaan orang pribadi pemegang paspor luar negeri (VAT Refund for Tourist).

Ketentuan ini diatur dalam Keputusan Menteri Keuangan Nomor 427/KMK.03/2010 yang berlaku efektif mulai tanggal 1 Januari 2011.

Selain Bandara Adisucipto, sebagai kota tujuan pariwisata terutama wisatawan mancanegara, Direktorat Jenderal Pajak juga menambah 10 toko retail yang berlokasi di Yogyakarta sebagai toko retail yang berpartisipasi dalam skema VAT Refund for Tourist ini. 

Kesepuluh toko tersebut diantaranya Mirota Batik, Dagadu Yogya, HS Silver, Ansor Silver, Batik Keris cabang Malioboro, Batik Keris Ambarukmo, Batik Danarhadi, Margaria Batik, Centro Department Store dan Dowa. 

"Penambahan 10 toko retail ini tercantum dalam Keputusan Direktur Jenderal Pajak Nomor 386/PJ/2010 yang berlaku efektif mulai tanggal 1 Januari 2011," ujar Direktur Penyuluhan Pelayanan dan Humas M. Iqbal Alamsjah, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (21/12/2010).

Dengan masuknya Bandara Adisucipto, maka saat ini ada tiga Bandara Internasional yang melayani VAT Refund , yaitu Bandara Soekarno Hatta, Jakarta dan Bandara Ngurah Rai, Denpasar, Bali dan Bandara Adisucipto, Yogyakarta. 

Sedangkan untuk toko retail yang berpartisipasi dalam skema VAT Refun for Tourist keseluruhan berjumlah 40 toko, yang berlokasi di Jakarta, Bali dan Yogyakarta.

"Penambahan Bandara dan toko retail yang masuk dalam skema VAT Refund for Tourits ini merupakan upaya Ditjen Pajak dalam memberikan pelayanan yang baik kepada para Turis.  Di masa mendatang, toko toko retail yang berpartisipasi dalam progam ini semakin banyak dan tempat atau counter klaim juga semakin tersebar di seluruh Bandara Bandara Internasional" tandasnya.(adn)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini