Image

Dolar Akan Unggul di 2011

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Sabtu 01 Januari 2011, 18:59 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2011 01 01 20 409456 AFQ3YisfmB.jpg Ilustrasi

WASHINGTON - Meskipun mengalami pelemahan di tahun ini, namun dolar AS diharpkan masih akan mengungguli sebagian besar mata uang utama dunia tahun 2011.

"Dengan semua kejadian ini, dolar AS akan mengalami pelemahan, tapi hal itu tidak akan terjadi," kata Ekonom Universitas Cornell, Eswar Prasad, seperti dilansir dari AFP, Sabtu (1/1/2011)

Eswar mengungkapkan jika dalam pemikirannya ekonomi AS akan kembali menguat melampaui Eropa dan Jepang, sehingga akan mendorong para pebisnis AS dan konsumennya untuk mengambil pinjaman dan akan mendorong kenaikan suku bunga AS dan memancing para investor untuk investasi pada dolar demi keuntungan yang lebih tinggi.

Sementar Pengamat Ekonomi dan Keuangan dari Brown Brothers Harriman, Mark McCormick,  menilai saat ini politisi AS berada dibawah tekanan untuk melancarkan retorikanya terhadap China, apalagi angka pengangguran AS mendekati 10 Persen.

lanjutanya, Mark mengatakan akan ada penarikan tarif terhadap china jika memang tidak ada apresiasi."pada bulan september DPR mengesahkan UU yang memungkinkan AS menerapkan tarif terhadap China jika apresiasi nilai mata uang tidak terjadi," katanya.

Para Pengamat keuangan dari Wells Fergo bank memprediksi selama 12 ke depan, dolar akan naik 7 persen terhadap yen,4 persen lebih besar daripada euro dan 1 persen terhadap pound.

Saat ini dengan krisis tidak hanya berdampak di AS namun juga Eropa dan jepang, hal ini membuat euro yen dan pound beresiko tahun 2011. Sedangkan Yuan diperkirakan akan naik tahun depan mengingat masih adanya perang inflasi Beijing.

(ahm)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini