nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Imbas Rusuh di Mesir, Pasar Saham Dubai Jeblok 6%

Ade Hapsari Lestarini , Jurnalis · Minggu 30 Januari 2011 14:55 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2011 01 30 213 419445 Z2QoJnXtGU.jpg Investor Dubai sedang mengamati pasar saham. Foto: AFP

DUBAI - Pasar saham Dubai (The Dubai Financial Market Indeks/DFM) pada pekan ini tercatat turun lebih dari enam persen pada pembukaan setelah akhir pekan. Jebloknya indeks Dubai tampaknya mencerminkan kekhawatiran yang meningkat atas perkembangan di Mesir.

Dilansir dari AFP, Minggu (30/1/2011), indeks DFM ambles 6,7 persen atau turun hanya 10 menit setelah pembukaan di 06.00 GMT, dan berada di level 1.505,62. Harga saham perusahaan perdagangan terkemuka, Emaar Properties jatuh hampir 10 persen, angka ini maksimum yang diperbolehkan oleh peraturan pasar.

Emaar, yang membangun menara tertinggi di dunia, Burj Khalifa, di Dubai, diketahui memiliki berbagai proyek di Mesir. Sementara saham Air Arabia juga terjun hampir 10 persen. Perusahaan penerbangan terbesar di Timur Tengah ini mempunyai cost carrier yang rendah serta memiliki hubungan dengan Mesir yakni melakukan joint venture antara Air Arabia dan Mesir.

Seperti diketahui, pemberontakan massa pecah di seluruh Mesir sejak Selasa pekan kemarin karena melawan pemerintahan otokratik berdekade panjang yang dipimpin Presiden Hosni Mubarak. Lebih dari 100 orang tewas dalam kerusuhan karena adanya demonstrasi selama lima hari terakhir.

(ade)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini