Geo Dipa Berubah Status Jadi BUMN Geothermal

R Ghita Intan Permatasari, Jurnalis · Selasa 08 Februari 2011 17:58 WIB
https: img.okezone.com content 2011 02 08 320 422710 lGJlmz3ZP4.jpg ilustrasi Geo Dipa Foto: www.geodipa.co.id

JAKARTA - PT Pertamina (Persero) menghibahkan Saham PT Geo Dipa energi kepada pemerintah melalui penandatangan hibah saham yang dilaksanakan di Kantor Ditjen Kekayaan Negara.

"Penandatangan kata Hibah merupakan salah satu rangkaian dalam proses pengalihan PT GDE menjadi BUMN di bidang geotehrmal. Hibah saham PT pertamina (persero) yang ada di PT Geodipa Energi merupakan amanat yang tertuang dalam APBN 2011 terkait dengan Penyertaan Modal negara," ungkap Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Karen Agustiawan, di Jakarta, Selasa (8/2/2011).

Adapun modal dasar PT GDE sebesar Rp662,001 miliar yang telah ditempatkan oleh para pendiri dengan rincian yaitu, satu PT PLN sebesar Rp218,476 miliar (33,33 persen) yang berasal dari setoran tunai dan inbreng aset dan yang kedua, PT Pertamina sebesar Rp443,526 miliar (66,67 persen) yang berasal dari inbreng aset.

Dengan dilaksanakannya hibah saham dari PT Pertamina, negara akan menjadi pemegang mayoritas saham PT Geo Dipa Energi, sehingga PT Geo Dipa energi statusnya berubah dari PT biasa menjadi PT Persero (BUMN).

Selanjutnya untuk meningkatkan kapasitas permodalan PT Geo Dipa energi (persero),pemerintah akan menambah penyertaan modal negara pada PT Geo Dipa Energi (Persero) dengan menyerahklan aset negara berupa power plant Dieng Patuha yang sudah dikelola menjadi aset PT Geo Dipa Energi P(Persero).

PT Geo Dipa Energi telah menggunakan aset berupa Dieng-Patuha dalam rangka pengembangan energi panas bumi di Indonesia. dengan berubahnya PT Geo Dipa Energi menjadi BUMN maka aset Dieng Patuha selanjutnya akan menjadi tambahan modal negara pada PT Geo Dipa energi.

"Melalui penandatangan aset PT Geo Dipa Energi yang dimiliki oleh Pertamina kepada pemerintah RI pada hari ini, kita berharap agar perusahaan baru ini memiliki fleksibilitas yang baik dalam pembuatan portofolio pendanaan maupun disisi operasional," pungkasnya.

Sekadar informasi PT Geo Dipa Energi merupakan salah satu pengelola tenaga panas bumi yang memanfaatkannyqa sebagai salah satu sumber tenaga pembangkit listrik. Cakupan kegiatannya mulai dari tahap eksplorasi, eksploitasi lahan penghasil panas bumi, pembangunan sarana pembangkit (power plant) hingga menyalurkan hasil olahan panas bumi menjadi energi listrik ke jaringan transmisi listrik interkoneksi Jawa-Madura-Bali.(adn)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini