Menguat, IHSG Diproyeksikan Tembus Level 3.500

R Ghita Intan Permatasari, Jurnalis · Senin 28 Februari 2011 07:51 WIB
https: img.okezone.com content 2011 02 28 278 429452 QrmUgkTYrY.jpg Ilustrasi

JAKARTA - Naiknya harga komoditas seperti minyak mentah dan emas diperkirakan bakal menjadi sentimen positif bagi pasar keuangan awal pekan ini. Karena itu, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan bakal kembali menguat.

"Pada awal pekan ini IHSG saya perkirakan akan berada di kisaran 3.415-3.548," ungkap Kepala Riset MNC Securities Edwin Sebayang saat dihubungi okezone di Jakarta, Senin (28/2/2011).

Edwin menyebutkan beberapa komoditas yang naik antara lain batu bara yang naik empat persen, emas yang naik satu persen, nikel naik 2,3 persen, dan juga naiknya harga timah. Tapi selain itu, bagusnya laporan keuangan 2010 beberapa emiten yang besar dan kemungkinan diringi dengan rencana pembagian deviden yang cukup besar baik dari pay out ratio dan yield-nya bakal mendorong indeks menguat.

"Juga penguatan rupiah menjadi faktor lainnya yang memicu IHSG akan mengalami penguatan pada perdagangan kali ini," tuturnya.

Menurutnya, saham yang diproyeksikan akan menguat pada perdagangan kali ini antara lain, PT Astra International (ASII), PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG), PT Adaro Energy Tbk (ADRO), PT Bukit Asam (persero) Tbk (PTBA), PT Bank Mandiri Tbk (BMRI), PT Bank Rakyat indonesia Tbk (BBRI), PT AKR Corporindo Tbk (AKRA), PT United Tractors Tbk (UNTR), PT Timah (Persero) Tbk (TINS), PT International Nickel Indonesia Tbk (INCO).

Sementara menurut eTrading Securities, Secara teknikal masih bergerak dua arah (sideways). "Pada hari Senin ini kami perkirakan IHSG akan bergerak dikisaran 3.416-3.500,"ungkap eTrading.

Adapun saham-saham yang juga diprediksikan menguat pada perdagangan kali ini adalah PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS),PT Bumi Resources Tbk (BUMI) dan PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN).

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini