2011, BI Optimis Kredit UKM Tumbuh 25%

Idris Rusadi Putra, Jurnalis · Jum'at 18 Maret 2011 15:19 WIB
https: img.okezone.com content 2011 03 18 320 436336 f9X6ZeUmhU.jpg Ilustrasi: Grafik

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) optimistis kredit usaha kecil menengah (UKM) akan tumbuh sebsar 25 persen di tahun 2011 ini. Meningkatnya kredit UKM tersebut didukung oleh terbentuknya lembaga pemeringkat atau pemeringkat rating debitur UKM di tahun ini.

"Saya rasa kredit khusus UKM akan meningkat hingga 25 persen, atau mencapai Rp106 triliun," ujar Direktur Direktorat Kredit, BPR dan UMKM BI Edi Setiadi ketika ditemui wartawan usai salat Jumat di kantor Bank Indonesia, Jakarta, Jumat (18/3/2011).

Dia menambahkan kredit UKM di 2011 akan didukung oleh adanya lembaga pemeringkat yang mulai melakukan pemeringkatan atau rating bagi UKM. Dengan adanya rating debitur tersebut sektor UKM yang belum bankable dimana mencapai 50 juta akan mulai mendapatkan pembiayaan industri jasa keuangan.

"Sudah ada beberapa lembaga pemeringkat seperti Pefindo dan ICRA dari India mereka sudah mengatakan kesiapan melakukan rating bagi debitur UKM danĀ  nantinya bank dan industri jasa keuangan lain akan mudah memberikan pembiayaan dari rating tersebut," tuturnya.

Lebih jauh dia menjelaskan lembaga rating hanya melakukan pemeringkatan tanpa meminta dana dari sektor UKM dan yang akan membayar fasilitas ini adalah jasa keuangan yang akan memberikan pembiayaan.

"Waktu itu ada pembicaraan sekitar Rp20 juta bagi bank yang akan menggunakan sebuah data rating UKM. Memang yang dirating yakni UKM tidak akan dikenakan biaya," pungkasnya.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini