Image

RI Mampu Jadi Pengekspor Batu Bara Terbesar Dunia

Muhammad Rifai, Jurnalis · Kamis 31 Maret 2011, 11:35 WIB
https: img.okeinfo.net content 2011 03 31 320 440845 oSNdXzIaxX.jpg Ilustrasi. Foto: Corbis

JAKARTA - Menteri ESDM Darwin Zahedy Saleh mengaku heran dengan Indonesia yang telah menjadi pengekspor batu bara terbasar di dunia. Kendati Indonesia tak memiliki cadangan batu bara terbesar.

Hal ini disampaikan Menteri ESDM, Darwin Zahedy Saleh dalam sambutannya di acara "Sosialisasi Pembatasan BBM Bersubsidi", di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (31/3/2011).

"Meski bukan sebagai pemilik cadangan dan produsen batu bara terbesar di dunia, namun bangsa Indonesia mampu menjadi negara pengekspor batu bara terbesar di dunia," ujarnya.

Darwin menjelaskan, bila Indonesia menjadi negara pengekspor batu bara terbesar di dunia merupakan tantangan buat Indonesia.

"Cadangan batu bara Indonesia masih bisa diproduksi hingga ratusan tahun ke depan. Sedangkan untuk cadangan gas hanya bertahan hingga 63 tahun ke depan," jelasnya.

Di sisi lain, untuk lifting minyak, diakui Darwin ada penurunan. Di mana juga terjadi di negara-negara Timur Tengah sebagai produsen terbesar minyak di dunia. "Penurunan itu dikarenakan banyak hal mulai dari sumur tua, kendala cuaca dan lain-lain, sehingga produksi menurun," pungkasnya.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini