2012, Pemerintah Garap Jaringan Gas di 4 Kota

Widi Agustian, Jurnalis · Senin 11 April 2011 10:08 WIB
https: img.okezone.com content 2011 04 11 320 444497 PiXtBfQLEf.jpg Ilustrasi: Pipa

JAKARTA - Pemerintah akan membangun jaringan distribusi gas bumi (jargas) untuk rumah tangga di empat kota yaitu Pekanbaru, Bangkalan, Jambi dan Prabumulih pada tahun 2012 mendatang.

Seperti dikutip dari situs resmi Ditjen Migas, Senin (11/4/2011), rencananya di tiap kota tersebut akan dibangun sekitar 4.000 sambungan rumah atau total sekitar 16.000 sambungan rumah.

Tahun 2011 ini, pemerintah membangun jargas untuk rumah tangga di Bontang, Sengkang, Rusun Jabodetabek, Bekasi tahap II dan Sidoardjo tahap II, sebanyak 25.000 sambungan rumah.

Dan tahun 2013, rencananya akan dibangun di Sorong, Subang, Lhokseumawe dan Balikpapan. Tahun berikutnya, jaringan distribusi gas bumi untuk rumah tangga akan dibangun di Samarinda, Muara Enim, Lampung dan Semarang.

Pembangunan jaringan distribusi gas bumi untuk rumah tangga dibangun pemerintah sejak 2009 di Palembang dan Surabaya. Melalui program ini, diharapkan dapat mempercepat pengurangan penggunaan minyak tanah untuk rumah tangga sehingga dapat membantu terwujudnya kemandirian energi. Selain itu, masyarakat juga dapat memperoleh energi yang murah, bersih dan aman.

Pemerintah membangun jaringan infrastruktur jaringan gas bumi untuk rumah tangga karena badan usaha tidak tertarik membangun akibat minimnya keuntungan dalam pengelolaannya. Di masa mendatang, diharapkan badan usaha swasta dapat berperan serta dan mewujudkan menjadi kota gas.

Program pembangunan jaringan distribusi gas bumi untuk rumah tangga ini dibangun di kota-kota atau daerah yang dekat dengan sumber gas bumi dan memiliki jaringan transmisi gas bumi.

(wdi)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini