Share

Sri Mulyani, Kartini Masa Kini

Gina Nur Maftuhah, Jurnalis · Kamis 21 April 2011 10:04 WIB
https: img.okezone.com content 2011 04 21 209 448450 BbQbHnLJ7A.jpg Sri Mulyani. Foto: Koran SI

JAKARTA - Perempuan-perempuan Indonesia hari ini mengenang kembali perjuangan RA Kartini dalam memperoleh haknya sebagai seorang insan yang mengaktualisasikan diri.

Salah satu tokoh wanita Indonesia yang pasti disebut jika membicarakan masalah ekonomi adalah Sri Mulyani Indrawati, mantan menteri keuangan yang sekarang menjabat sebagai Managing Director World Bank.

"Dari teman saya yang bukan orang Indonesia, dia pernah bilang, mungkin kalian sedih saat Ibu Sri Mulyani pergi dari Indonesia, tapi di balik itu kalian harus bangga, perempuan Indonesia dihargai dengan menduduki jabatan penting di forum internasional," tutur Club Advisor Financial Club, Mila Mawira di Jakarta, Kamis (21/4/2011).

Majunya Sri Mulyani menjadi Managing Director di Bank Dunia dinilai sebagai kekalahan bagi Indonesia. Ekonom Standard Chartered Fauzi Ichsan menilai didaulatnya Sri Mulyani sebagai orang penting di lembaga donor internasional tersebut.

Kekalahan tersebut, lanjut dia, merupakan suatu kemenangan bagi negara-negara yang menjadi anggota Bank Dunia.

"Bagi Indonesia dan pelaku pasar yang berinvestasi di Indonesia adalah suatu kehilangan tapi kemenangan bagi Bank Dunia. Posisinya nanti kan memimpin 74 negara, jadi itu kemenangan bagi 74 negara," ujar Fauzi.

Sebelumnya, menjabat sebagai Managing Director, Sri Mulyani mengawasi tiga kawasan dunia. Wilayah tersebut, yakni Amerika Latin dan Karibia, Timur Tengah dan Afrika Utara, dan Asia Timur, dan Pasifik. Ketiga wilayah itu, terdiri dari 74 negara.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini