Ragam Polis Asuransi di Masa Pensiun

Koran SI, Jurnalis · Selasa 26 April 2011 09:11 WIB
https: img.okezone.com content 2011 04 26 315 449929 Uo4rbHKPSN.jpg Ilustrasi

SECARA esensial, perencanaan keuangan masa pensiun bertujuan untuk memastikan bahwa Anda memiliki cukup dana guna menjalani masa pensiun sesuai dengan gaya hidup yang diharapkan.

Dalam rangka itu, Anda perlu mempersiapkan sumber keuangan secara lebih dini. Bila saat ini perusahaan tempat Anda bekerja sudah memberikan manfaat pensiun,Anda patut bersyukur. Mengapa demikian? Anda sangat beruntung karena saat ini belum banyak perusahaan yang memberikan manfaat tersebut bagi para karyawannya.

Selain Anda mengandalkan sumber keuangan di hari tua dari manfaat pensiun yang diakomodasi oleh perusahaan, Anda perlu mengidentifikasi sumber pendanaan lain dan aset pribadi yang nantinya dapat mendukung kebutuhan arus keuangan Anda. Rumah tinggal,apartemen,dan ragam bentuk properti lainnya merupakan aset yang penting. Selain bisa diwariskan kepada anak-anak tercinta nantinya, aset properti bisa mendatangkan arus pendapatan yang baik bila Anda bisa menyewakannya kepada orang lain.

Selain mengandalkan manfaat tunai dari polis asuransi, sumber pendapatan Anda di hari tua juga bisa berasal dari beragam surat berharga, misalnya saham dan reksa dana. Beberapa penasihat keuangan menyarankan kepada para pensiunan agar mereka menempatkan 80 persen dana investasi pada portofolio yang stabil, misalnya dalam bentuk surat utang negara (SUN) dan pasar uang yang sewaktu-waktu bisa dikonversikan dalam bentuk uang tunai.

Dengan demikian, pemegang portofolio pasar uang bisa mencairkan dana bila mereka membutuhkan dana setiap saat. Investasi melalui surat berharga bagi para pensiunan bertujuan agar prinsipal atau pokok dari investasi tersebut aman dari fluktuasi pasar, dan sekaligus bisa memberikan imbal hasil yang menjadi sumber arus penghasilan secara rutin.

Manfaat Polis

Secara khusus, dalam konteks perencanaan keuangan hari tua, program asuransi menjadi salah satu instrumen penting bagi Anda untuk mengalihkan berbagai risiko pada masa pensiun nantinya. Pada era modern seperti saat ini setidaknya ada empat hal yang bisa dialihkan risikonya kepada perusahaan asuransi untuk menanggungnya, yakni dalam bentuk asuransi jiwa, asuransi kesehatan,asuransi kecacatan, dan asuransi perawatan jangka panjang.

Pertama,asuransi jiwa akan memberikan proteksi kebutuhan keuangan bagi ke-luarga setelah Anda meninggal dunia. Yang lebih penting, Anda sudah membeli polis asuransi jiwa yang tepat bagi masa depan keluarga tercinta.Artinya, Anda bisa memastikan bahwa pasangan hidup dan anak-anak tercinta tetap mempunyai uang dan arus kas yang cukup untuk memenuhi kebutuhan di sepanjang hidup setelah Anda tidak ada di tengah-tengah mereka.

Kedua, asuransi kesehatan bermanfaat dalam menanggung beban keuangan bila Anda menderita sakit dan mengidap penyakit di kemudian hari. Idealnya, Anda perlu membeli polis asuransi untuk memastikan bahwa Anda bisa mendapatkan fasilitas perawatan yang tepat guna pemulihan kondisi kesehatan dari penyakit tertentu. Bisa terjadi, Anda harus mendapatkan perawatan kesehatan di negara tertentu yang memiliki fasilitas perawatan khusus untuk jenis penyakit tertentu.

Itu sebabnya, Anda perlu memastikan untuk membeli polis asuransi kesehatan dengan uang pertanggungan yang cukup pada polis asuransi Anda guna membiayai perjalanan dan perawatan di luar negeri. Bahkan, Anda perlu memasukkan kebutuhan keuangan untuk membiayai pasangan hidup atau anggota keluarga lainnya manakala mereka harus mendampingi Anda dalam proses perawatan dan penyembuhan di luar negeri.

Bila saat ini Anda sudah mempunyai skema asuransi kesehatan dari instansi pemerintah, Anda tetap disarankan untuk mempertimbangkan urgensi membeli skema asuransi kesehatan dari institusi swasta. Ini bertujuan untuk mengatasi batasan- batasan tertentu yang ada pada skema asuransi pemerintah. Umumnya asuransi pemerintah tidak memberikan penggantian penuh untuk biaya perawatan medis para pemegang polis. Manfaat pertanggungan juga dibatasi pada jenis perawatan tertentu.

Bila Anda memperlengkapi diri dengan skema asuransi swasta, batasan-batasan tersebut bisa teratasi sehingga Anda bisa mendapatkan kualitas pelayanan kesehatan yang sesuai dengan strata sosial Anda saat ini. Ketiga,Asuransi kecacatan bermanfaat bila suatu saat Anda mengalami kecelakaan atau musibah sehingga Anda mengalami cacat permanen. Cacat permanen di usia pensiun amat memberatkan hidup bila Anda belum memperlengkapi diri dengan polis asuransi kecacatan.

Polis asuransi akan berfungsi sebagai sumber keuangan untuk membayar biaya perawat atau orang lain yang mendampingi Anda di masa pensiun. Keempat, asuransi perawatan jangka panjang bermanfaat manakala Anda mengalami sakit yang berkepanjangan di masa pensiun. Sakit yang berkepanjangan bisa menyebabkan Anda tidak sanggup melakukan aktivitas sehari-hari secara fisik tanpa bantuan orang lain.

Biaya perawatan dan pemulihan untuk kurun waktu yang belum bisa diprediksi sudah tentu menjadi beban berat bila Anda belum memiliki asuransi jenis ini. Bisa jadi Anda pun bisa dibebani dengan biaya untuk membayar jasa perawat yang akan membantu Anda dalam melakukan aktivitas pokok sehari-hari. Ketika Anda sudah memperlengkapi diri dengan polis asuransi perawatan jangka panjang, ragam biaya yang muncul selama proses perawatan dan pemulihan bisa diakomodasi oleh polis asuransi.

Itu sebabnya, selagi masih berada pada usia produktif dan kesehatan masih terjaga dengan baik, segera lengkapi diri Anda dengan polis asuransi jiwa demi sejahteranya hidup di hari tua. Manfaat asuransi jiwa nantinya bisa menjadi teman setia Anda dalam menjalani masa pensiun. Konsultasikan kebutuhan Anda dalam perencanaan keuangan di masa pensiun dengan melibatkan agen asuransi jiwa yang profesional. Semakin cepat Anda merencanakannya, semakin pasti kualitas kehidupan Anda di hari tua nantinya.Selamat berasuransi.

EDDY KA BERUTU

Praktisi Asuransi dan

Ketua Departemen Pendidikan,

Pelatihan, dan Pengembangan AAJI

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini