nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hatta : Belum Ada Keputusan Naikkan Harga BBM

Iman Herdiana, Jurnalis · Sabtu 21 Mei 2011 14:44 WIB
https: img.okeinfo.net content 2011 05 21 320 459499 0nVCbWjDgW.jpg Menko Ekonomi Hatta Rajasa. Foto: Koran SI

BANDUNG - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, kenaikan BBM belum menjadi keputusan bersama antara pemerintah dan DPR. Dia mengimbau, masyarakat jangan berspekulasi sebelum ada keputusan bersama.

"Jangan dulu berspekulasi (kenaikan BBM) sebelum ada keputusan bersama. Saat ini belum memikirkan kenaikan BBM, belum ada," ungkap Hatta, di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (21/5/2011).

Hatta menegaskan, bagi kalangan mampu yang memakai pertamax jangan beralih menggunakan premium yang disubsidi pemerintah. Karena hal itu malah makin membebani pemberian subsidi. BBM bersubsidi, tegasnya, hanya diperuntukan bagi alat transportasi umum.

"Bagi saudara kita yang sudah gunakan pertamax, yang cukup mampu, jangan hijrah ke premium. Jika yang mampu ikut membebani, kita lebih berat lagi," paparnya.

Menurutnya, subsidi memang akan tetap dilakukan pemerintah karena itu tugas negara. Namun, pemerintah harus merubah pola pemberian subsidi. "Tapi seperti apa subsidi itu diberikan supaya tidak terdistorsi disalahgunakan inilah yang kita pikirkan," ujarnya.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini