Image

Menkeu : Hollywood Silahkan Pindah Importir

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Selasa 31 Mei 2011, 15:40 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2011 05 31 20 463077 LmYD1pUzzz.jpg Ilustrasi

JAKARTA - Menteri Keuangan Agus DW Martowardojo mempersilahkan Motion Picture Asotiaton (MPA) untuk beralih pada importir asal Indonesia lainnya jika ingin melakukan ekspor film ke Indonesia.

Agus Marto menjelaskan, saat ini dari tiga mitra MPA di Indonesia hanya satu yang telah membayar kewajibannya untuk membayarkan pajak royalti film. Karenanya Agus mengimbau agar eksportir film asal Hollywoods, Amerika tersebut hanya bekerjasama dengan importir yang telah melaksanakan kewajibannya.

"Ga bisa dong kalau seandainya pihak Amerika Serikat (AS) mau kerja sama sama importir yang punya permasalahan pajak, kan artinya catatannya bagi pihak AS jadi tidak baik," ungkap Agus kala ditemui di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (31/5/2011).

Agus melanjutkan, bukan berarti pihak AS saat ini tidak diperkenankan untuk mengekspor  filmnya ke Indonesia, namun  pihak AS harus memilih mana importir yang dapat dan diizinkan untuk melakukan impor dari luar.

"Kita tidak ada masalah dengan eksportirnya tetapi (dua) importir-nya ada kewajiban pajak yang belum diselesaikan," tambahnya.

Sedangkan untuk importir yang membayar pajak pertambahan nilai (PPn) dan Bea Masuk (BM) film impor, tetap diperkenankanuntk melakukan impor. "Jadi kita persilahkan untuk importir (yang sudah bayar PPn dan BM) yang lain untuk melakukan impor," tambahnya.

Agus sendiri menolak untuk memberikan insentif bagi para importir film ini, namun demikian dia mengungkapkan akan bekerja sama dengan pihak terkait untuk mencari solusi yang terbaik guna menyelesaikan masalah film impor di Indonesia. "Kita sendiri dalam hal ini Menkeu dan Menteri Pariwisata sedang mengkaji bentuk alternatif dari pajak royalti," papar Agus Marto.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini