nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rohmad Hadiwijoyo, Sang Pengusaha Merangkap Dalang

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Kamis 23 Juni 2011 07:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2011 06 22 22 471584 u4CrBRjqBT.jpg Ilustrasi. Foto: blogspot

JAKARTA - Siapa bilang pengusaha tidak dapat berkarya di dunia seni, lihat saja Rohmad Hadiwijoyo. Pria paruh baya yang juga tergabung dalam Himpunan Pengusaha Indonesia (Hipmi) ini sudah menelurkan berbagai karya pewayangan.

Rohmad atau yang akrab disapa Ki Rohmat ini acap kali diundang ke berbagai acara untuk menjadi dalang, masih menggeluti profesinya sampai saat ini dan sering disiarkan di salah satu televisi terlama di Indonesia. Ki Rohmad tercatat telah mencantumkan namanya pada 23 artikel di koran nasional.

Namun, pada kesempatan kali ini, pemilik dari PT Resources Jaya Teknik Management Indonesia (PT RMI) ini menuangkan ide dan gagasan pewayangannya melalui sebuah buku bertajuk 'Bercermin di Layar, Realita Antar Cerita'.

"Saya mengajak kita semua dengan kerendahan hati bercermin, dalam upaya menemukan solusi atas persoalan-persoalan yang merundung bangsa ini," ujar Rohmad, di Hotel Crowne Plaza, Jakarta, Rabu (22/6/2011) malam.

Dalam buku setebal xii + 212 halaman tersebut, terdapat kumpulan karya seni Ki Rohmad di media massa dengan bersumber dari kearifan budaya lokal Jawa, yang direfleksikan dan dikontekstualitaskan dengan realitas isu masa kini.

Di dalamnya, terdapat beragam persoalan bangsa seperti ekonomi, politik, dan sosial yang diceritakan dengan mengadopsi cerita dari khazanah cerita Ramayana dan Mahabarata dalam bahasa yang sederhana.

Kasus-kasus yang pernah diwartakan dalam pewayangan ini seperti kasus bom JW Marriot dan Ritz Carlton dan juga kasus bank Century yang melibatkan Managing Director World Bank Sri Mulyani Indrawati.

Rohmad sendiri menggambarkan mantan Menteri Keuangan ini sebagai sosok Sinta yang thudung ke Washington. Selain itu, dia juga memaparkan kasus Anggodo Widjojo sebagai cerita berjudul "Kopi Joyo Anggodo Mbalelo".

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini