Share

Pegawai Kemenkeu yang Lapor Kekayaannya Baru 40%

Martin Bagya Kertiyasa, Okezone · Selasa 28 Juni 2011 15:45 WIB
https: img.okezone.com content 2011 06 28 20 473626 UqpbvF7wMF.jpg ilustrasi

JAKARTA - Kementerian Keuangan mencatatkan tingkat kepatuhan pegawai yang wajib menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelengara Negara (LHKPN) baru mencapai 40 persen.

Inspektorat Jendral Kemeterian Keuangan Sony Loho mengungkapkan tingkat kepatuhan para pegawai di Kementerian Keuangan berkisar 30-40 persen. Menurutnya, angka tersebut terbilang cukup memuaskan.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

"Karena kan banyak orang baru juga harus masukin," tutur Sony kala ditemui di kantor Menteri Keuangan, Jalan Wahidin Raya, Jakarta, Selasa (28/6/2011).

Sony menambahkan, laporan LHKPN yang paling baik datang dari komisi pengawas pajak. "Karena yang harus menyampaikan cuma satu orang, jadi tingkat kepatuhan seratus persen," jelas Sony.

Lebih jauh dia menuturkan, saat ini memang sudah terlambat untuk menyerahkan, namun bukan berarti tidak perlu menyerahkan. Pejabat yang menolak untuk menyerahkan LHKP akan dikenai teguran. "Ada kemungkinan penundaan kenaikan pangkat dan lain-lain," tutur dia.

Penyerahan LHKPN tersebut, kata dia, harus langsung pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), akan tetapi meskipun bekerjasama dengan KPK, sanksi yang didapat bukanlah sanksi yang berasal dari KPK.

"Sanksinya ikut disiplin Pegawai Negeri SIpil (PNS), karena di KPK sendiri itu kan imbauan, tidak ada aturannya. Menteri Keuangan yang bikin aturan, mewajibkan ini semua," paparnya.

(and)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini