Share

Kemenkeu Belum Jadi Contoh yang Baik

Martin Bagya Kertiyasa, Okezone · Senin 11 Juli 2011 07:35 WIB
https: img.okezone.com content 2011 07 11 20 478198 DAxm4I134H.jpg Ilustrasi

JAKARTA - Kementerian Keuangan dikatakan hendak menjadi contoh Laporan Harta kekayaan Penyelengara Negara (LHKPN), akan tetapi pada kenyataannya aturan tersebut masih sulit untuk diterapkan.

Inspektorat Jendral Sony Loho mengungkapkan kenaikan jumlah pegawai yang harus melaporkan LHKPN dilakukan untuk menjadikan Kementerian Keuangan contoh kementerian yang transparan. "Tapi dalam prakteknya banyak yang ngga menyerahkan," ungkap Sony kala ditemui di Gedung DPR,Senayan, Jakarta.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Dia menuturkan, dengan kenaikan jumlah pegawai yang wajib menyerahkan LHKPN dari sebelumnya 8.000 orang menjadi 25 ribu orang hampir setengah dari pegawai tersebut berasal dari Direktorat Jendral Pajak (DJP). "Karena DJP (pegawainya) 32.400 orang, dan sekitar 16.000 pemeriksa kontrarepresentative itu harus serahkan LHKPN," jelasnya.

Sementara untuk Insekpektorat Jendral (Itjen), kata Sony, terdapat sembilan unit, dengan 250 pegwai yang wajib menyerahkan LHKPN dari keseluruhan pegawai 622 orang, dan masih ada sekira delapan orang yang masih lalai dalam menyerahkan LHKP.

"(Yang belum) lagi dikejar oleh inspekturnya, sudah menyerahkan belum, karena itjen kan mestinya jadi contoh," tutupnya.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini