nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

UMKM Sumbang Pajak 61,9% dari PDB

Rifa Nadia Nurfuadah, Jurnalis · Selasa 12 Juli 2011 12:06 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2011 07 12 20 478796 LVDuy3D0uE.jpg ilustrasi

JAKARTA - Sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) berandil besar terhadap penerimaan negara dengan menyumbang 61,9 persen pemasukan produk domestik bruto (PDB) melalui pembayaran pajak.

"Pemasukan tersebut disumbang melalui pembayaran pajak," kata Dirjen Pajak Fuad Rahmany dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan komisi XI DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (12/7/2011).

Fuad menguraikan, sektor usaha mikro menyumbang 36,28 persen PDB, sektor usaha kecil 10,9 persen, dan sektor usaha menengah 14,7 persen melalui pembayaran pajak. Sementara itu, sektor usaha besar hanya menyumbang 38,1 persen PDB melalui pembayaran pajak. "Masih banyak usaha besar belum masuk jaring perpajakan nasional," imbuhnya.

Mantan Ketua Bapepam-LK ini memaparkan, lembaga yang dipimpinnya akan menggalakkan program sensus pajak untuk merangkul para wajib pajak dan objek pajak agar penerimaan pajak lebih optimal.

Sebagaimana dikabarkan sebelumnya, Ditjen Pajak akan melakukan sendiri sensus pajak. Bahkan, Dirjen Pajak Fuad Rahmany mengaku akan belajar dari Badan Pusat Statistik (BPS) untuk menerapkan sensus pajak.

"BPS kan punya keahlian di bidang sensus, dan kita minta bantuan teknis, saran-saran dari BPS, tapi mereka enggak ikut dalam pelaksanaannya," ungkap Fuad kala itu.

Adapun tujuan penerapan sensus pajak tersebut, kata dia, dilakukan agar semakin banyak wajib pajak yang membayar pajak. "Karena kita selma ini masih banyak sekali masyarakat Indonesia yang tidak bayar pajak," jelas dia.

Dijelaskannya, dengan sensus tersebut maka masyarakat yang diharuskan menyerahkan SPT akan semakin bertambah. "Jadi sensus pada dasarnya akan ditindaklanjuti dengan mengimbau wajib pajak untuk meningkatkan kepatuhan mereka dalam membayar pajak," tutur Fuad.

(and)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini