PLN Didaulat Jadi Induk Usaha Pelayaran Bahtera Adhiguna

Yuni Astutik, Jurnalis · Jum'at 05 Agustus 2011 10:34 WIB
https: img.okezone.com content 2011 08 05 320 488439 uOnDIcKEeW.jpg Logo PLN

JAKARTA - Kementerian BUMN hari ini resmi menyerahkan 21.674 lembar saham PT Pelayaran Bahtera Adhiguna (PBA) ke PT Perusahaan Listrik Nasional (PLN).

"PBA kini resmi menjadi milik PLN. Seluruh saham tersebut berdasarkan nilai wajar sekira Rp90,22 miliar," ungkap Menteri BUMN Mustafa Abubakar, di Jakarta, Jumat (5/8/2011).

Adapun Mustafa Abubakar selaku wakil pemegang saham PBA, secara langsung mengalihkan kepemilikan saham negara pada PBA kepada Direktur Utama PLN Dahlan Iskan.

Sebelumnya, PBA adalah BUMN yang bergerak di bidang pelayaran dengan kepemilikan saham 100 persen milik pemerintah. Pengalihan saham ke PLN ini dalam kerangka restrukturisasi bisnis PBA yang dalam lima tahun terakhir berada dalam kondisi tidak sehat.

"Di samping itu, pengalihan tersebut juga sangat menguntungkan PLN, terutama dalam menjaga keamanan distribusi pasokan batu bara ke pembangkit PLN," terangnya.

Pengalihan kepemilikan saham ini dilakukan berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 20 Tahun 2011 tentang Penambahan Penyertaan Modal Negara Republik Indonesia Ke Dalam Modal Saham Perusahaan Perseroan (Persero) PLN dengan pengalihan saham tersebut maka  saham pemerintah di PLN akan bertambah senilai saham PBA yang diserahkan ke PLN.

Setelah pengalihan saham ini, PBA akan diproses lebih lanjut menjadi anak perusahaan PLN. PLN berperan sebagai holding company sekaligus pemegang saham PBA. Selanjutnya, PLN akan mengembangkan bisnis PBA menjadi perusahaan yang sehat sekaligus mendukung keamanan distribusi pasokan batu bara ke pembangkit listrik PLN.

Kebutuhan batu bara PLN  telah meningkat hingga menjadi 65 juta ton per tahun seiring dengan mulai beroperasinya proyek-proyek pembangkit 10 ribu megawatt (mw) tahap I pada tahun 2011 ini. Dengan memiliki anak perusahaan yang bergerak di bidang pelayaran, maka PLN dapat meningkatkan efisiensi biaya transportasi laut batu bara.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini