Menkeu: Dana Asing Turun, Fundamental RI Tengah Dites

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Senin 08 Agustus 2011 13:23 WIB
https: img.okezone.com content 2011 08 08 20 489402 jLLkiRsM3f.jpg Menkeu Agus Martowardojo

JAKARTA - Menteri Keuangan Agus DW Martowardojo mengungkapkan adanya penurunan dana asing dalam Surat Berharga Negara (SBN) hanyalah sebagai pengetesan pada sebuah negara.

Agus mengungkapkan, keluarnya dana tersebut dalam beberapa hari belakangan hanyalah untuk mengetes pasar (test the market). Berbeda dengan spekulan, test the market biasanya dilakukan menggunakan perhitungan-perhitungan tertentu.

"Jadi investor itu sebetulnya walaupun impact sendiri-sendiri tapi mereka itu punya komunitasnya. Dan komunitasnya itu mengamati kondisi umum, fundamentalnya bagaimana, dan juga melihat dari policy response masing-masing negara," jelas Agus di kantornya, jalan Wahidin Raya, Jakarta, Senin (8/8/2011).

"Jadi kalau seandainya kemarin ada penurunan termasuk juga asing ada juga yang melepas itu sesuatu yang normal yang istilah kami adalah mereka ingin menguji saja," jelas Agus.

Namun, sambung Agus, adanya fundamental yang baik di Indonesia, serta policy yang konsisten, maka pasar kembali tenang. "Secara fundamental kita yang paling utama, coba kamu bandingkan debt to GDP dan deficit to GDP. Negara-negara yang diwaspadai tentu yang debt to GDP-nya besar dan defisit besar," urainya.

Berdasarkan data Ditjen Pengelolaan Utang (DJPU) kepemilikan asing pada SBN yang mencapai Rp249,87 triliun sempat turun menjadi Rp248,42 triliun, akan tetapi pada perdanganan SBN per 5 Agustus 2011, tercatat kembali terjadi peningkatan kepemilikan SBN menjadi Rp249,62 triliun.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini