Bandung, Kota Pertama Proyek 120 Rusunawa

Iman Herdiana, Jurnalis · Rabu 10 Agustus 2011 11:16 WIB
https: img.okezone.com content 2011 08 10 320 490269 ZoTRGtPo46.jpg Ilustrasi

BANDUNG - Menteri Perumahan Rakyat (Menpera) RI Suharso Monoarfa mulai menyosialisasikan pembangunan 120 Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) di beberapa kota besar di Indonesia.

Kota pertama yang akan dimulai pembangunan Rusunawa adalah Bandung, tepatnya di kawasan Balubur, Jalan Taman Sari. Di kawasan ini ada sekira 100 kepala keluarga yang rumahnya akan menjadi bagian proyek rusunawa.

Hal itu diungkapkan Menpera dalam acara buka puasa bersama warga di pemukiman padat penduduk kawasan Balubur, Bandung, kemarin. "Semua keluarga di sini masih tinggal di sini, tetapi jadi naik, setiap keluarga mendapatkan satu rumah untuk ditinggal dan juga mendapat investasi," kata Suharso.

Maksud investasi, terangnya, setiap warga selain mendapat satu rusunawa juga akan mendapat satu lagi rusunawa untuk disewakan ke orang lain. "Jadi satu KK mendapat dua rusunawa," tandasnya.

Salah satu warga Balubur, Sambas Sadikin mengaku sebelumnya memang sudah ada rencana bahwa di wilayah tempat tinggalnya akan dibangun rusunawa. Namun Sambas yang juga Ketua RW 11 belum mendapat sosialisasi yang lengkap soal pembangunan tersebut. Bahkan, dia baru mendengar sekarang bahwa satu KK akan mendapat dua rusunawa.

"Belum ada kejelasan. Saya juga kebingungan aturannya nanti seperti apa," ujarnya.

Sambas menjelaskan, warga sekitar juga ingin mendapat kepastian soal pembangunan rusunawa. Menurutnya, ada sekira 100 KK yang menempati tiga RT di Balubur dengan jumlah rumah sekira 80 rumah.

100 KK tersebut selama ini menempati lahan Pemerintah Kota Bandung. Warga sendiri, kata Sambas, menyadari status tanah tersebut. Hanya saja mereka sangat memerlukan penjelasan rinci seputar pembangunan rusunawa. "Kita sadar berdiri di tanah Pemkot, tapi kita perlu kejelasan," ujarnya.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini