Tergagap, Ekonomi Prancis Hanya Tumbuh 0,2%

Rifa Nadia Nurfuadah, Jurnalis · Jum'at 12 Agustus 2011 15:30 WIB
https: img.okezone.com content 2011 08 12 213 491370 XQyfcpJdgH.jpg Ilustrasi: Grafik

PRANCIS - Mesin perekonomian Prancis tergagap seiring dengan pemangkasan pengeluaran oleh para konsumen mereka, dan berkurangnya ekspor.

Badan statistik nasional Prancis, INSEE, menyatakan, pada kuartal kedua ini, pertumbuhan ekonomi Prancis ada di level nol persen. Ekonom pemerintah sendiri memperkirakan pertumbuhan sekira 0,2 persen pada periode tersebut, padahal pertumbuhan ekonomi Prancis di kuartal pertama mendekati satu persen.

Sebelumnya, pemerintah Prancis mencoba menenangkan para investor setelah beredar argumen untuk menurunkan rating kredit Prancis yang kini ada di level AAA. Salah satunya yang dilakukan Menteri Keuangan Prancis Francois Baroin dalam sebuah wawancara dengan stasiun radio RTL. Hal tersebut dilakukan Baroin untuk memutar keadaan ke kutub positif di tengah lemahnya kinerja Prancis di kuartal kedua ini.

"Bukanlah sebuah kejutan bahwa kuartal kedua lebih buruk daripada yang pertama, kami mengantisipasi ini," demikian seperti dikutip dari Associated Press (AP), Jumat (12/8/2011).

Baroin mengatakan, pemerintah tetap berpegang pada target pengurangan defisit meskipun pada angka pertumbuhan yang lebih rendah.

Bank sentral Prancis mengatakan, pertumbuhan ekonomi pada kuartal ketiga kemungkinan hanya 0,2 persen. Sementara, survei bulanan bank dalam sektor industri menunjukkan, pemesanan barang dan tingkat pemanfaatan pabrik jatuh selama dua bulan berturut-turut pada Juli 2011.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini