Share

Jelaskan Keunggulan dan Detail Produk Anda

Koran SI, Koran SI · Minggu 28 Agustus 2011 10:15 WIB
https: img.okezone.com content 2011 08 28 23 497301 cbUrbdVQVU.jpg Tung Desem Waringin

LIMA atau enam tahun lalu mungkin Anda pernah melihat atau mungkin pernah ditawari produk TV internet? Apakah Anda mau membelinya? Kalau tidak membeli,apa alasan Anda?

Ternyata waktu itu hanya sedikit orang yang mau membeli produk TV internet, salah satu penyebabnya calon pembeli masih bingung: Apa bedanya memiliki TV Internet dengan memiliki komputer yang bisa mengakses TV? Atau apa keuntungannya membeli produk tersebut?

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Waktu itu, secara ide TV internet memang bagus, namun rupanya banyak orang tidak berminat membeli karena di antaranya tidak ada informasi yang jelas, lengkap atau informasi yang menarik tentang produk tersebut,atau apa keunggulan produk tersebut dibanding lainnya.

Ditambah lagi tidak ada brosur,tidak ada iklan atau informasi yang cukup tentang penjelasan detail produk. Dan sekarang mulai gencar kembali TV internet dipromosikan, tapi dengan kualitas, penampilan yang lebih baik, dan yang paling penting dengan penjelasan keunggulan dan detail produk yang lebih mendukung.

Ditambah pula dengan konsep serta eksekusi iklan yang lebih matang yang mampu menjelaskan produk dengan lebih detail. Tidak sedikit perusahaan besar memproduksi TV Internet dan mereka juga mampu memberikan informasi tentang keunggulan dan detail produk supaya orang benar-benar tertarik dan mau membeli TV internet tersebut.

Salah satunya dijelaskan bahwa keunggulan produk TV internet merupakan sarana hiburan yang sangat bermanfaat dan praktis, karena anda bisa menonton TV bersama temanteman Anda di layar yang lebar, sekaligus bisa melihat berbagai informasi, video, gambar dari internet secara bersamabersama, sehingga menonton TV bisa menjadi lebih fun dan canggih.

Misalnya Anda bisa menonton sepak bola bersama-sama, dan sekaligus bisa melihat uraian atau informasi tentang pemainnya secara detail diwaktu yang sama dengan akses internet melalui TV tersebut. Dan ternyata sekarang semakin banyak orang yang membeli TV internet.

Oleh karena itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan yang bisa membantu meningkatkan pemasaran Anda. Di antaranya: Jelaskan keunggulan produk/jasa Anda dibanding produk/jasa sejenis kepada target market yang tepat. Perlu diingat,dalam menjelaskan keunggulan produk jangan sampai kita terpancing untuk menjelekkan produk atau jasa orang lain.

Kita harus benar-benar bisa menjelaskan apa sebenarnnya keunggulan produk kita, apa manfaatnya bagi para calon konsumen atau klien kita.Dan pastikan keunggulan produk Anda tersebut benar-benar tersampaikan ke target market. Bisa menggunakan berbagai media iklan atau juga kombinasikan dengan kekuatan sosial media yang ada.

Sekali lagi, jangan pernah berusaha untuk menjelekkan atau menjatuhkan produk kompetitor Anda,karena akan bisa memicu serangan balik dari kompetitor atau menjadi bumerang yang akhirnya justru akan merugikan produk Anda sendiri. Jika kita ingin membandingkan dengan produk lainnya, silakan saja.

Namun jangan menyebut nama/ produk secara detail, jangan fokus pada kekurangan orang lain atau kompetitor Anda.Alangkah lebih baik kita fokus akan kelebihan, nilai tambah kita , keunggulan dan kejelasan produk kita hingga semakin banyak orang yang tahu akan produk kita, dan tentu saja mau membelinya. Kita juga bisa menjelaskan detail proses pembuatan produk kita yang unggul.

Apakah Anda pernah mendengar Evian atau mungkin sering meminumnya? Evian merupakan salah satu produk air minum dengan harga yang tidak murah namun tetap banyak diminati konsumen, di antaranya karena kualitasnya dan sangat mampu untuk menjelaskan proses pembuatannya yang sangat bisa dipercaya, didukung dengan teknologi yang sangat unggul dan dari sumber mata air yang sangat terjaga.

Maka banyak orang mau membelinya meskipun dengan harga yang tidak murah sekalipun. Kita juga bisa Menjelaskan detail fitur produk kita. Contohnya: Kira-kira,menurut Anda mana yang lebih menarik? Orang memasang iklan: “Dijual TV 29 inch”. Atau iklan seperti ini: “TV 29 inch,dengan subwoofer, stereo 3800 PMPO, surround sound, extreme flat, front audio video?”

Selanjutnya kita juga bisa menjelaskan detail keuntungan (benefit). Contohnya: AC Sharp Plasmacluster mengeluarkan ion positif dan ion negatif,membunuh virus dan bakteri hingga 99,9 persen dalam waktu kurang dari satu jam. Tentunya orang akan lebih tertarik untuk membeli (minimal bisa sebagai pertimbangan untuk membeli ) dengan informasi detail benefit seperti itu.

Karena itu,Anda juga harus menerapkan praktik untuk senantiasa menjelaskan keunggulan produk,proses pembuatan, detail benefit produk/jasa Anda kepada target market Anda, supaya bisa membantu peningkatan pemasaran Anda. Selamat praktik dan salam dahsyat.

TUNG DESEM WARINGIN Pelatih Sukses No. 1 Indonesia

STEPHANUS P HARDJANTO (TDW Senior Coach Partner)

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini