Mau Investasi Emas, Pilihlah Bentuk Batangan

R Ghita Intan Permatasari, Jurnalis · Senin 26 September 2011 10:45 WIB
https: img.okezone.com content 2011 09 26 315 506994 eWCAJQkLeo.jpg Ilustrasi. Foto: Corbis

JAKARTA - Bila Anda ingin berinvestasi dalam bentuk emas, berinvestasilah emas dalam bentuk batangan bukan dalam bentuk perhiasan. Pasalnya, berinvestasi dalam bentuk emas batangan jauh lebih menguntungkan daripada berinvestasi emas dalam bentuk perhiasan.

Head of Research and Analyst PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra menuturkan, dalam kurun waktu 10 tahun yang lalu umumnya orang menyimpan emas dalam bentuk perhiasan untuk berinvestasi.

"Dahulu orang trennya beli gelang, kalung emas untuk disimpan. Tapi sekarang trennya tidak begitu. Pada saat ini orang cenderung beli emas batangan. Karena kalau beli emas batangan. Tidak ada ongkos pembuatan," ungkap Ariston, belum lama ini.

Adapun jika berinvestasi emas dalam bentuk perhiasan, nilai jualnya akan jatuh karena terpotong oleh ongkos pembuatan daripada perhiasan tersebut. Serta kadar emasnya pun lebih rendah dari emas batangan.

Di sisi lain, pada waktu silam, Ariston menuturkan ada juga yang berminat berinvestasi pada logam mulia seperti emas. Namun saat ini lebih banyak orang yang beralih untuk berinvestasi ke emas batangan.

Sekadar mengingatkan, harga emas kembali bergerak menguat 0,2 persen ke posisi 1.659,79. Faktor penggerak harga komoditas kali ini masih krisis ekonomi zona euro, serta hasil pertemuan the Fed.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini