Image

Pemerintah Petakan Perusahaan Kooperatif untuk Renegosiasi

Rahmat Sahid, Jurnalis · Rabu 12 Oktober 2011, 17:50 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2011 10 12 19 514386 Mgd4esYkev.jpg Ilustrasi. Foto: Corbis

JAKARTA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Darwin Zahedi Saleh mengklaim telah melakukan upaya kongkrit untuk melakukan renegosiasi kontrak karya.

Dia mengungkapkan bahwa Pemerintah telah membagi kelompok perusahaan yang kooperatif dan menyambut baik serta menunjukan itikad baiknya.

"Saya belum bisa sebut perusahaannya, karena Dirjen Minerba yang mengamati perkembangannya. Saya kira itu terus dilakukan dengan langkah yang hati-hati," kata Darwin di acara seminar Transformasi Menuju Ketahanan Energi Nasional untuk Kemakmuran Rakyat yang diselenggarakan DPP Partai Demokrat, di Jakarta, Rabu (12/10/2011).

Dia mengungkapkan, UU No 4/2009 yang menyangkut renegoisasi ini adalah amanah rakyat. Bangsa Indonesia, kata dia, berkehendak agar sumber daya alamnya memberikan nilai tambah di dalam negeri.

"Untuk itu, hal yang menyangkut itu pasti Pemerintah memberikan perhatian yang serius," ujarnya.

Di tempat sama, Ketua Komisi VII DPPR Teuku Riefky Harsya mengungkapkan, upaya renegosiasi kontrak dapat dilakukan dalam kerangka meningkatkan nilai manfaat pengelolaan sumber daya minerba bagi kesejahteraan masyarakat.

Apalagi, kata dia, penyesuaian kontrak pada dasarnya telah diamanatkan dalam Ketentuan Peralihan UU Minerba Pasal 169-172. Sedangkan di sektor migas pengetatan cost recovery dapat dilakukan berdasarkan PP No 79/2010 tentang Biaya Operasi yang dapat dikembalikan dan perlakuan pajak penghasilan di bidang usaha hulu migas.

"Kontrak-kontrak yang telah disepakati harus dihormati dan upaya renegosiasi kontrak harus dilakukan secara hati-hati serta harus mengacu pada aturan dan perundang-undangan yang berlaku," ungkapnya.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini