Share

2012, Kaltim Siapkan 200 Ribu Lapangan Kerja

Amir Sarifudin , Jurnalis · Minggu 30 Oktober 2011 17:45 WIB
https: img.okezone.com content 2011 10 30 20 522457 S1x3Mdalae.jpg Ilustrasi.

BALIKPAPAN - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) memprioritaskan pengentasan kemiskinan pada tahun 2012 yakni dengan menyediakan lapangan pekerjaan.

Gubenur Kaltim Awang Faroek menargetkan tahun depan dapat menyiapkan lapangan kerja sebanyak 200 ribu tenaga kerja.

"Program prioritas kita pengetasan kemiskinan. Tahun 2012 kita akan sediakan sekitar 200 ribu lapangan pekerjaan. Kita akan buka lahan sawit 1 juta hektare yang saat ini sudah mencapai 780 ribu hektar," kata Gubernur Kaltim Awang Faroek usai Perayaan Jubilem 150 HKBP Region Kalimantan, di Dome Balikpapan Minggu (30/10/2011).

Penyedian lapangan pekerjaan ini kata Awang sebagai upaya menekan jumlah pengangguran di Kaltim yang kini mencapai 10,21 persen dan jumlah kemiskinan mencapai 16 persen. Karena itu Awang Faroek berani menargetkan dalam lima tahun ke depan pengangguran bisa mencapai nol persen.

"Setidaknya langkah itu untuk menekan jumlah pengangguran yang kita targetkan bisa mencapai nol persen, sebagai upaya untuk menekan kemiskinan di Kaltim, itu kini menjadi prioritas kita bersama, terangnya.

Salah satu sektor yang akan menjadi penyumbang tenaga kerja terbesar dari perkebunan yang dan pertanian. Untuk perkebunan saja dapat menyerap ribuan tenaga kerja. Kaltim juga memiliki potensi besar dari sektor perkebunan dan pertanian, karena dari sektor itu juga mampu menyedot tenaga kerja yang cukup besar, apalagi kita memiliki lahan yang cukup, bukan hanya sawit, tandasnya.

Diakuinya, selama ini sektor pertanian dan perkebunan baru menyumbang 6,2 persen dari total PDRB Kaltim. Karena hingga kini sumbangan terbesar PDRB Kaltim masih dari sektor tambang dan migas yang mencapai Rp320 triliun per tahun.

Saat ini, kata Awang, jumlah penduduk Kaltim sekitar 3,5 juta dengan pertumbuhan penduduk kaltim cukup tinggi yakni mencapai enam persen setiap tahunnya. Pertumbuhan penduduk tertinggi itu yakni migrasi dari luar daerah setiap tahunnya lebih besar daripada dari pada pertumbuhan alami karena kelahiran,tambahnya.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini