Berdayakan Pengusaha, Citi Indonesia Kucuri Rp4 M

R Ghita Intan Permatasari, Jurnalis · Kamis 10 November 2011 14:54 WIB
https: img.okezone.com content 2011 11 10 457 527594 65NbwILxO1.jpg Ilustrasi. Corbis.

JAKARTA - PT Citi Indonesia mengklaim telah menggelontorkan dana lebih dari Rp4 miliar untuk memberdayakan ribuan pengusaha mikro Indonesia dari 2005-2011.

Menurut data dari Bank Indonesia (BI), 99 persen dari total jumlah pelaku dunia usaha/perusahaan di Indonesia merupakan kelompok UMKM dan kelompok ini menyumbang 55 persen Pertumbuhan Domestik Bruto (PDB).

Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) juga memiliki dampak positif bagi penciptaan lapangan pekerjaan, yaitu mampu menyerap 97 persen dari seluruh jumlah tenaga kerja di Indonesia. Data-data tersebut, menunjukkan bahwa peranan UMKM dalam perekonomian Indonesia adalah sentral dalam menyediakan lapangan pekerjaan dan manghasilkan output.

"Tumbuh dan berkembangnya usaha mikro diberbagai daerah secara efektif turut mendorong pertumbuhan daerah tersebut dengan penyerapan tenaga kerja, pengentasan kemiskinan dan terbukanya kesempatan usaha diberbagai bidang," ungkap Citi Country Officer Indonesia Tigor M Siahaan, dalam siaran persnya di Jakarta, Kamis (10/11/2011).

Karenanya, guna mendorong berkembanganya pengusaha UMKM, maka Citi mengadakan Citi Micro-Entreperneurship Award (CMA) 2011. Melalui program ini Citi Peka dan UKM Center telah menjangkau lebih dari 3.800 pelaku usaha mikro Indonesia. Untuk CMA 2011 sendiri, Citi Foundation mengalokasikan dana sebesar Rp890 juta.

Dalam tahun ini sebanyak sembilan pengusaha mikro terpilih sebagai pemenang CMA dati tiga kategori yang dilombakan yaitu usaha mikro berbasis makanan, minuman dan bahan pangan; usaha mikro berbasis perdagangan dan jasa serta usaha mikro kerajinan dan produk lainnya. (mrt)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini