Share

ATM Link Kini Miliki Payung Hukum

Gina Nur Maftuhah, Jurnalis · Selasa 06 Desember 2011 13:37 WIB
https: img.okezone.com content 2011 12 06 457 538640 8nDCUoI2NC.jpg Ilustrasi.

JAKARTA- Himpunan Bank-Bank Negara (Himbara) telah mengukuhkan jaringan ATM Link-nya menjadi badan hukum. Ke depan, keempat bank tersebut berencana mensinergikan ATM-nya dengan menggandeng PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) sebagai operator.

"Link sekarang sudah resmi berbadan hukum, tetapi bukan PT Itu semacam paguyuban, tetapi jelas anggaran dasarnya. Jadi ini anak usahanya Himbara," ungkap Ketua Himbara sekaligus Direktur Utama Bank BNI Gatot M Suwondo ketika dijumpai di hotel Shangri-La, Jakarta, Selasa (6/12/2011).

Menurut Gatot, dengan menjadikan Link sebagai anak usaha mereka yang berbadan hukum, keempat bank BUMN akan menanggung biaya operasional sistem penyatuan ATM yang lebih rendah. Ke depan, Himbara berencana menggandeng Telkom untuk operasionalisasinya.

"Jadi kalau kita beli rame-rame, cost-nya akan rendah. Jadi Link kita yang punya, operatornya Telkom," lanjutnya.

Gatot melanjutkan, kepemilikan Himbara di Link berdasarkan aset atau ukuran keempat bank BUMN tersebut, di mana BNI, Mandiri dan BRI memiliki size aset yang hampir sama, hanya porsi BTN yang lebih kecil. Demi operasional awal, keempat bank ini juga telah sepakat untuk berpatungan.

"Kemarin kuta sudah sepakat per bank setor Rp1,5 miliar per tahun untuk operasional awal. Investasi ke depan sendiri berapa nanti masih tergantung kebutuhan," tambah dia. (mrt)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini