nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemerintah Harus Serius Kembangkan Energi Alternatif

Adam Prawira, Jurnalis · Jum'at 16 Desember 2011 09:38 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2011 12 16 19 543088 aY1cvsucOy.jpg Ilustrasi

JAKARTA — Pemerintah harus lebih serius untuk mengembangkan energi terbarukan sebagai alternatif pengganti energi lama dengan melakukan evaluasi terhadap seluruh kebijakan pemerintah.

Anggota Komisi VII DPR Mardani Ali Sera menjelaskan, kebijakan tersebut meliputi Undang undang dan Lembaga yang terkaitnya dengannya seperti Badan Pengatur Hulu Minyak dan Gas (BPH Migas).

Dia menilai, Kebijakan pemerintah masih terlihat setengah hati untuk menggunakan alternatif bahan bakar yang berasal dari energi alternatif sebagai pengembangan energi di masa depan. Meskipun sudah ada rencana, namun masih sebatas retorika karena belum ada kinerja yang jelas.

“Kenapa pemerintah masih juga mempertahankan kebijakan subsidi BBM yang demikian besar ini? Beberapa tahun yang lalu pernah diterapkan BBG untuk taksi dan bus, tapi sekarang terlihat tidak ada sikap yang jelas bagaimana pengembangan selanjutnya,” tanya Mardani melalui siaran pers Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Jumat (16/12/2011).

Padahal, kata Mardani, Indonesia sangat kaya dengan sumber-sumber energi selain minyak bumi. Mardani mencatat beberapa sumber energi alternatif yang berpotensi untuk dikembangkan seperti: energi panas bumi, energi gas alam, mikro hidro, energi angin termasuk energi nuklir dan energi nabati.

“Penggunaan bensin dan solar telah terbukti mahal, polutif, dan adanya keterbatasan cadangan minyak yang sangat berpengaruh terhadap fluktuasi harga, yang akibatnya memberatkan APBN,” katanya. (nia)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini