Pesangon Tak Kunjung Dibayar, Eks Karyawan Terus "Tongkrongi" Riau Air

Banda Haruddin Tanjung, Jurnalis · Rabu 28 Desember 2011 16:16 WIB
https: img.okezone.com content 2011 12 28 320 548307 lnGtGNsvrj.jpg Ilustrasi

PEKANBARU - Hingga kini ratusan mantan karyawan Riau Air masih belum menerima pesangon akibat pemutusan hubungan kerja (PHK) sepihak. Untuk mendapatkan haknya, mereka memilih menunggui eks kantor mereka di Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru.

Pantauan okezone, hari ini tampak sekira belasan eks karyawan Riau Air datang ke kantor. Mereka hanya duduk santai di area gedung bertingkat tiga itu.

"Kita di sini menunggu direksi Riau Air untuk menuntut pesangon, tapi tidak pernah muncul-muncul, begitu juga dengan dirut juga menghilang. Tapi akan terus kita tunggu sampai kapan pun. Hampir setiap hari kita kemari secara bergantian," kata mantan karyawan Riau Air bagian manajemen Iwan kepada okezone, Rabu (28/12/2012).

Menurut mereka, manajemen sepertinya mempermainkan nasib mereka. Padahal dalam Pengadilan Perhubungan Perinstrial (PHI), gugatan itu telah dimenangkan pihak eks karyawan beberapa bulan lalu. Artinya, pihak manajemen harus membayar pesangon karyawan dari satu bulan hingga ada yang tiga bulan.

"Dan sebelumnya Pemerintah Propinsi Riau sebagai pemegang saham telah mengangarkan dana Rp30 miliar. Sebagian untuk kita, tapi mengapa sampai sekarang belum dibayarkan juga. Itukan hak kami," tambah Rudi.

Ratusan karyawan Riau Air sebelumnya telah berulang kali berdemo untuk menuntut haknya. Namun harapan untuk meneriman hak mereka tidak kunjung tercapai. Saat ini hampir semua karyawan Riau Air terkena PHK. Dari pilot, pramugari  hingga office boy. Hal itu karena perusahaan milik BUMD ini bangkrut dan dililit utang. PHK terjadi sejak awal 2011.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini