nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Amerika Pantau Pelanggaran Perdagangan di China

Ade Hapsari Lestarini , Jurnalis · Rabu 11 Januari 2012 11:36 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2012 01 11 213 555206 4wI33T333G.jpg Ilustrasi. Foto: Corbis

WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama berniat membuat sebuah tim (task force) untuk memantau dan mengatasi kemungkinan pelanggaran perdagangan komersial oleh China.

Dilaporkan Wall Street Journal, seperti dilansir dari Straits Times, Rabu (11/1/2012), tim tersebut meskipun mempunyai nama secara umum, khusus menargetkan Beijing.

Adapun tim tersebut akan melibatkan Departemen Keuangan, Departemen Perdagangan, dan Departemen Energi, serta kantor perwakilan dagang AS. Hal ini dilaporkan setelah Menteri Keuangan Timothy Geithner berada di Beijing.

Namun demikian, pihak Gedung Putih tidak akan mengkonfirmasi laporan tersebut. Namun juru bicara Obama, Jay Carney mengatakan bahwa pemerintah akan terus menekan China hingga ke tingkat paling bawah untuk pekerja dan pengusaha Amerika.

"Anda pernah mendengar presiden berbicara tentang hal ini berulang kali dan ia melakukannya ketika melakukan perjalanan ke wilayah Asia-Pasifik belum lama lalu, di mana ia menjelaskan bahwa ia akan terus berdiri untuk pekerja dan pengusaha Amerika," tutur Carney kepada wartawan.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini