Image

ATM Bank Mandiri-BCA Nyambung Hari Ini

Gina Nur Maftuhah, Jurnalis · Senin 16 Januari 2012, 07:28 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2012 01 16 457 557565 roHXdnVdzP.jpg Ilustrasi

JAKARTA - Akhirnya interkoneksi Anjungan Tunai Mandiri (ATM) antara PT Bank Mandiri Tbk dan PT Bank Central Asia Tbk (BCA) akan terealisasi.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Darmin Nasution dan jajaran direksi kedua bank tersebut hari ini dijadwalkan hadir di Gedung BI dalam acara peresmian kerja sama ini.

"Ya mulai Senin (terkoneksi) charge Rp5.000 sama dengan bank lain yang ikut (jaringan ATM) Prima," kata Direkur Utama BCA Jahja Setiadmadja dalam pesan singkatnya kepada wartawan di Jakarta.

Seperti diketahui, di November 2011 lalu, kedua bank telah melakukan Memorandum of Understanding (MoU) agar jaringan ATM kedua bank terkoneksi. Maklum, selama ini, Mandiri menggunakan jaringan ATM Link yang merupakan switching company dengan tiga bank BUMN besar lainnya, BNI, BRI dan BTN.

Sedangkan BCA, menggunakan jaringan ATM Prima yang dikelola PT Rintis Sejahtera bersama sekira 40 bank besar lain.

Namun, ketika Bank Indonesia (BI) mewacanakan untuk melakukan National Payment Gateway (NPG) atau sistem pembayaran national yang terkoneksi, BI terus membujuk agar dua jaringan ATM bank besar ini tersambung.

Pasalnya, sebagai dua bank besar nasional, BCA memiliki sekira 7.000 ATM. Jaringan ATM Mandiri sendiri terkoneksi dengan 22 ribu ATM di Indonesia sehingga dengan interkoneksi ini, maka nasabah dapat melakukan transfer, cek saldo dan tarik tunai.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini