INTI Siap-siap Jual Saham ke Investor Strategis

J Erna, Jurnalis · Kamis 02 Februari 2012 18:55 WIB
https: img.okezone.com content 2012 02 02 278 568507 lOfwtF51z9.jpg Ilustrasi. Foto: Corbis

JAKARTA - PT Industri Telekomunikasi Indonesia (INTI) mempersiapkan penjualan sebagian saham perseroan ke investor stategis (strategic sales), terutama kepada perusahaan pelat merah.

Kendati demikian, perseroan akan tetap mempertahankan mayoritas saham perusahaan tetap menjadi milik pemerintah.

"Kami akan proses karena harus tahun ini realisasinya," kata Direktur Utama INTI Irfan Setiaputra di Jakarta, Kamis (2/2/2012).

Lebih lanjut dia menjelaskan, perseroan akan mempersiapkan segala sesuatu, termasuk legal maupun nilai saham yang akan dilepas. Adapun, jumlah modal disetor perusahaan sebesar Rp350 miliar.

Nilai tersebut diperkirakan akan lebih tinggi jika sudah divaluasi. “Berapa saham yang akan kita lepas, nanti akan kita hitung dulu," imbuh Irfan.

Dia menuturkan, dana yang diperoleh dari startegic sales tersebut akan dialokasikan untuk menambah modal kerja guna pengembangan usaha perseroan ke depan.

Disingung mengenai BUMN mana yang akan membeli sebagian saham perusahaan, dia mengaku, masih mencari investor strategis. Namun, dia menegaskan, rencana tersebut akan terealisasi pada tahun ini.

Terkait strategic sales INTI, Deputi Menteri BUMN bidang Restrukturisasi dan Perencanaan Srategis Pandu Djajanto sebelumnya menuturkan, ada pemikiran untuk menjual Inti ke PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) lantaran kedua perusahaan tersebut memiliki lini bisnis yang sama, yakni di bidang telekomunikasi. Namun, rencana itu masih dalam tahap kajian dan diperkirakan akan rampung pada Maret mendatang.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini