Emisi Perusahaan Tambang Akan Diperbaiki

Saugi Riyandi, Jurnalis · Rabu 08 Februari 2012 11:33 WIB
https: img.okezone.com content 2012 02 08 320 571684 SQqokUwRpX.JPG Ilustrasi. Corbis.

JAKARTA - Satuan Tugas Reducing Emission from Deforestation and Forest Degradation plus (Satgas REDD+) akan berusaha menggandeng perusahaan tambang yang notabene merusak lingkungan.

Hal ini disampaikan Ketua Satgas REDD Kuntoro Mangkusubroto, kala ditemui dalam acara penandatanganan Mou, di Hotel Le Meredien, Jakarta, Rabu (8/2/2012).

"Terus terang saja belum memikirkan ide ini. Tapi kenapa tidak? Kita akan ekspansi ke perusahaan tambang BUMN yang merusak alam," ujar Kuntoro.

Dia mengatakan, pihaknya akan mendorong upaya perbaikan lingkungan bagi perusahaan yang memang berniat mengurangi emisi. "Mereka harus mengkover damage lingkungan. Kita akan dorong mereka untuk memperbaiki lingkungan," tegasnya.

Menurutnya ide ini akan menjadi referensi pihaknya dalam memperbaiki lingkungan yang sudah dirusak oleh perusahaan tambang tersebut. "Harapan kita ada perubahan mindset dari generasi muda, alam ini selama ini diperlakukan semena-mena. Ini tidak mudah, kita masih butuh hutan kita sebagai penghasilan, ditebang dan dijual kayunya," urainya.

"Yang penting gimana agar pohonnya tetap tegak," tambah dia.

Lebih lanjut Kuntoro menambahkan, perusahaan-perusahaan tersebut, nantinya akan didorong memakai teknologi yang juga ramah lingkungan. "Jika di hutan harus memelihara hutan, menanam pohon, dan pemakaian teknologi yang ramah lingkungan," pungkasnya. (mrt)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini