nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Potensi Gas Blok Masela Harus Diperhatikan

K. Yudha Wirakusuma, Jurnalis · Kamis 16 Februari 2012 20:26 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2012 02 16 19 577246 nY30NAoqrT.jpg Ilustrasi. Foto: Corbis

JAKARTA - Anggota DPR RI Komisi VII dari Fraksi PDIP Dewi Aryani meminta pemerintah pusat agar cermat memperhatikan potensi gas Blok Masela. Selain itu, pemerintah harus segera memutuskan hak Participating Interest (PI) 10 persen yang selama ini diharapkan oleh rakyat Maluku.

"Manfaat besar yang bakal dirasakan rakyat sudah terlihat di depan mata. Bayangkan saja, nilai PAD Maluku dalam setahun bisa meningkat berkali lipat dibandingkan dengan yang diterima saat ini jika Maluku bisa berpartisipasi dalam pengelolaan Blok Masela," katanya di Jakarta, Kamis (16/2/2012).

Dari sisi penerimaan sektor migas ini dipastikan upaya pemerintah untuk mengurangi tingkat kemiskinan di berbagai daerah, khususnya di wilayah Maluku akan menemui hasilnya. Karena sebagian besar wilayah timur di Indonesia ini kebanyakan masih hidup di bawah garis kemiskinan. Namun sayang, persoalan PI 10 persen Balok Masela masih terkatung-katung.

Menurutnya pula, dengan melihat potensi migas yang ada di Blok Masela ini, Provinsi Maluku bisa jadi sebagai salah satu daerah penghasil minyak dan gas bumi yang cukup besar saat ini dan di masa mendatang. Karenanya PI 10 persen yang menjadi hak Provinsi Maluku inimesti cepat untuk diputuskan guna mendongkrak PAD Maluku nantinya.

"Masela salah satu blok dengan potensi gas yang luar biasa. Cukup untuk cadangan kebutuhan nasional untuk jangka waktu yang cukup lama. Harus dikelola untuk benar-benar kebutuhan rakyat dan utamakan kebutuhan dalam negeri. Masela bisa menjadi harapan bangsa dalam melakukan penghematan terhadap kebutuhan energi. PLN jika menggunakan gas maka harga dasar listrik bisa ditekan," imbuhnya.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini