nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

"BLT Harus Dilihat Dari Asas Manfaat"

Mustholih, Jurnalis · Minggu 18 Maret 2012 13:43 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2012 03 18 19 595294 QDeyYw2jwT.jpg Warga penerima BLT (dok Koran SI)

CIANJUR -  Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum menyebut program Bantuan Langsung Tunai (BLT) harus dilihat dari asas manfaat. Dia menegaskan program BLT merupakan usaha pemerintah mempertahankan daya beli rakyat ketika terjadi inflasi setelah kenaikan harga BBM ditetapkan.

"Kalau (ada kenaikan harga) BBM, pasti ada inflasi. Kalau ada inflasi, tentu harga barang naik, maka daya beli rakyat miskin turun. Daya beli yang turun ini harus diobati secara langsung," kata Anas Urbaningrum di Cianjur, Jawa Barat akhir pekan ini.

Anas mengingatkan mempertahankan daya beli rakyat tidak bisa menunggu sebulan atau dua bulan setelah ditetapkannya kebijakan menaikkan harga BBM.

"Kalau ada masalah hari ini, dijawab hari ini," tambah dia.

Anas mengatakan program BLT bisa dilihat dari berbagai sudut pandang. Namun, yang paling tepat adalah sudut pandang asas manfaat. "Kalau bermanfaat mari kita dukung karena pro-rakyat. Kalau bermanfaat tapi tidak didukung berarti tidak pro-prakyat," jelasnya.

BLT, dijelaskan Anas,  tidak bertujuan sebagai alat peredam protes masyarakat seperti yang dituduhkan. "Program itu sementara masyarakat bermanfaat untuk rakyat atau tidak? Kalau bermanfaat, itulah tujuan program," tandas dia. (gna)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini