nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

eBay Beli 40% Saham Anak Usaha Telkom

Koran SI, Jurnalis · Selasa 17 April 2012 08:11 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2012 04 17 278 612826 5wpmEZeaDG.jpg Ilustrasi. (Foto: Daylife)

JAKARTA– Perusahaan penjualan online terbesar di dunia, eBay Inc menyatakan telah membeli 40 persen saham PT Metraplasa yang tergabung dalam usaha Telkom Group.

Nilai pembelian saham Metraplasa diperkirakan mencapai lebih dari Rp100 miliar. Direktur Utama PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) Rinaldi Firmansyah mengungkapkan, Metraplasa merupakan anak usaha dari PT Multimedia Nusantara (Metra) yang merupakan anak usaha Telkom.

Selama ini MetraPlasa mengelola situs e-commerce,Plasa.com. Menurut Rinaldi, masuknya eBay ke Metraplasa dilakukan dengan mekanisme penerbitan saham baru (rights issue). Sehingga, saat ini Metra kepemilikan sahamnya tinggal 60 persen di Metraplasa.

"Anak usaha Telkom yang selama ini bergerak di bidang investasi untuk sektor information, media, dan edutainment (IME), Metra menguasai 60 persen saham perusahaan tersebut. Tetapi,ada opsi kepemilikan eBay meningkat di perusahaan patungan ini,” ujar Rinaldi usai penandatanganan perjanjian kerja sama dengan eBay di Jakarta, kemarin.

Rinaldi optimistis, kemitraan antara dua perusahaan dapat menyatukan kekuatan di mana Telkom dikenal sebagai perusahaan telecommunication, information, media and edutainment (TIME) serta network provider terbesar di Indonesia.

Sementara, eBay adalah perusahaan online marketplace terbesar di dunia sekaligus pemimpin industri mobile commerce. Menurut dia, penjualan eBay tahun lalu mencapai Rp106 triliun dengan laba bersih sebesar Rp29 triliun.

“Telkom sangat antusias bekerja sama dengan eBay untuk bersama-sama memberikan layanan e-commerceterbaik melalui kemudahan akses dari lebih pelanggan Telkomsel, sekitar 15 juta pelanggan Flexi, dan akses lain yang disediakan Telkom Group,” tegas Rinaldi.

Dia menambahkan, kemitraan dengan eBay dimaksudkan juga untuk membantu sektor usaha kecil menengah (UKM) di Indonesia untuk memasarkan produknya di pasar global dan memungkinkan konsumer lokal menikmati pilihan produk yang lebih bervariasi. 

“Kerja sama Telkom dengan eBay ini merupakan terobosan luar biasa bagi pelaku UKM atau siapa pun untuk berbisnis secara global dengan memanfaatkan platform eBay yang sudah terbukti berhasil,” kata Rinaldi.

Menurutnya,keberhasilan eBay dalam menciptakan online marketdengan transaksi jutaan per hari menggugah Telkom untuk mengikuti jejak eBay. Direktur Utama Metra Alex J Sinaga menjelaskan, nilai pembelian 40 persen saham Metraplasa jauh lebih tinggi dari investasi perseroan pada 2009 lalu yang sekitar USD5 juta. “Semua dana dari pembelian itu kami pergunakan kembali untuk pengembangan bisnis Metraplasa,”jelas Alex.

Menurut Alex, dipilihnya Telkom sebagai mitra eBay dikarenakan potensi pasar Indonesia yang sangat besar. Dan, Telkom memiliki basis pelanggan mobile yang terbesar di Indonesia. “Lima tahun ke depan kami optimistis perusahaan ini akan menjadi besar dan siap untuk go public,” tutur Alex.

Senior Vice President eBay Asia-Pasifik Jay Lee optimistis dalam tiga tahun investasi yang ditanamkan di Metraplasa sudah bisa balik modal. Menurut dia, Indonesia merupakan pasar potensial untuk sektor e-commerce, seiring peningkatan jumlah pengguna internet dan membaiknya perekonomian dalam negeri.

“Kami sangat senang bisa bekerja sama dengan Telkom dan berharap meningkatkan pengalaman belanja online di Indonesia, khususnya bagi mereka yang ingin melakukan transaksi jual beli produk ke seluruh dunia,di mana pun dan kapan pun mereka inginkan,” ujarnya. (Rakhmat Baihaqi)

(mrt)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini