nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wakil Menteri ESDM Wafat di Gunung Tambora

Widi Agustian, Jurnalis · Sabtu 21 April 2012 15:37 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2012 04 21 19 615883 DSlA3kALvV.jpg Wamen ESDM Widjajono Partowidagdo & Dirjen Migas Evita Legowo. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Usai mendadak sakit kritis saat mendaki Gunung Tambora, Nusa Tenggara Barat (NTB), Wakil Menteri ESDM Widjajono Partowidagdo meninggal dunia.

"Betul, katanya barusan meninggal dunia," kata Dirjen Migas Kementerian ESDM Evita Legowo kepada Okezone, Sabtu (21/4/2012).

Sebagai informasi, Widjajono Partowidagdo mendadak mengalami sakit saat mendaki Gunung Tambora, Nusa Tenggara Barat (NTB). Sayangnya hingga saat ini belum bisa dilakukan evakuasi lantaran kondisi lapangan yang tengah berkabut.

Berdasarkan informasi di lapangan, kondisiĀ  berkabut membuat tim evakuasi yang menggunakan helikopter belum bisa melakukan evakuasi Widjajono. Helikopter yang dipergunakan ini adalah milik PT Newmont Nusa Tenggara.

Widjajono dan tim mulai menuju Gunung Tambora kemarin, pukul 14.00 WITA. Selanjutnya, dia baru melakukan pendakian pada pagi hari ini. Ketika sampai di salah satu pos, tiba-tiba dia mengeluh kesakitan dan jantungnya bergerak dengan cepat.

Sebelumnya, Widjajono Partowidagdo mendadak sakit saat melakukan pendakian ke Gunung Tambora, Nusa Tenggara Barat (NTB). Evakuasi pun tengah dilakukan sekarang ini. "Pas lagi mendaki gunung, dia mendadak sakit," kata Direktur Jenderal EBTKE Kementerian ESDM Kardaya Warnika kepada Okezone.

Dia melanjutkan, tim evakuasi masih melakukan pencarian. "Helikopter masih berputar mencari posisinya," ungkap dia.

Beredar kabar yang menyebutkan Widjajono dalam keadaan kritis di Gunung Tambora. Diduga Wodjajono mengalami serangan jantung saat beliau mendaki gunung. "Saya belum tahu itu serangan jantung atau bukan. Yang bisa menentukan itu dokter, tapi yang pasti dia sakit saat melakukan pendakian," terang Kardaya.

Widjajono lahir di Magelang, 16 September 1951, dikenal sebagai pengamat perminyakan. Selain menjabat sebagai wamen ESDM, saat ini dia juga masih tercatat sebagai anggota Dewan Energi Nasional.

Di balik kesibukannya sebagai Guru Besar ITB dan wamen, Widjajono punya hobi yang menantang, yaitu naik gunung. Hampir seluruh gunung-gunung tinggi di Indonesia sudah didakinya. Beberapa gunung di luar negeri pun sudah pernah disambangi Widjajono. Sejak kuliah dirinya memang dikenal suka mendaki gunung dan ikut dalam organisasi pecinta alam di Institut Teknologi Bandung (ITB).

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini