Pembangunan PLTN Muria, batal!

Iman Herdiana (Okezone), Jurnalis · Sabtu 21 April 2012 15:44 WIB
https: img.okezone.com content 2012 04 21 452 615884 WgQUXyNv3W.jpg ilustrasi Foto: ist

Sindonews.com - Menteri Riset dan Teknologi Gusti Muhammad Hatta mengatakan, rencana pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir di semenanjung Muria, Jepara, Jawa Tengah, tidak jadi dilakukan.

"Yang Muria itu kayanya engga jadi. Karena masalahnya agak rumit. Di sana padat penduduknya," kata Gusti, usai kuliah umum di ITB, Jalan Ganeca, Bandung, Sabtu (21/4/2012).

Apakah pembatalan pembangunan PLTN Muria batal secara permanen? Hingga kini Gusti belum tahu bagaimana kebijakan pemerintah selanjutnya terhadap PLTN Muria.

"Saya tidak tahu kebijakannya. Memang kita sementara ini mengutamakan dulu energi selain nuklir," ujarnya.

Lanjutnya, saat ini pemerintah tengah mencari energi alternatif selain nuklir. Namun, rencana pembangunan PLTN tetap jalan sambil mempersiapkan energi selain nuklir tesebut. "Kita terus, sambil ini (nuklir) disiapin. Itu arahnya," tandasnya.

Dia menambahkan, setelah Muria tidak jadi dibangun, pemerintah melanjutkan rencana pembangunan PLTN di tempat lain, salah satunya di Pulau Bangka Belitung.

Saat ini di pulau tersebut, pemerintah baru tahap sosialisasi rencana pembangunan PLTN. Targetnya, 2016 PLTN Bangka Belitung sudah mulai dibangun.

Seperti diberitakan, pembangunan PLTN Muria berlokasi tujuh km dari Blok Tanjung Jati B Jawa Tengah. Diharapkan, 2016 PLTN Muria sudah mulai beroperasi. Namun penggunaan tenaga nuklir ini hingga saat ini belum bisa diterima masyarakat.

(and)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini