5.000 Anak Muda Bandung Ikut SeIeksi Calon Pengusaha Muda

Dede Suryana, Jurnalis · Senin 23 April 2012 07:12 WIB
https: img.okezone.com content 2012 04 23 320 616378 2qSY9ijo4e.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Setelah menjaring calon wirausahawan muda di Jakarta, Partai Amanat Nasional (PAN) kembali menggelar kegiatan yang sama di Bandung Jawa Barat. Dipilihnya Bandung sebagai salah satu tempat penjaringan calon wirausahawan muda lantaran di kota ini banyak bermunculan kalangan muda yang mempunyai antisuasme cukup tinggi dalam dunia usaha.

Terlebih lagi di Kota Kembang ini banyak kampus yang menghasilkan generasi muda terdidik. Tak kurang, dari 5.000 anak muda Bandung dan sekitarnya mengikuti pelatihan wirausaha mandiri yang dilakukan oleh DPP PAN hari ini.

Acara pelatihan yang mengambil tema "60 Hari Buka Usaha Baru" ini dihadiri oleh Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara Azwar Abubakar, Ketua Penegak Amanat Reformasi Rakyat (PARRA) Indonesia, Rusli Halim, Ketua DPW PAN Jabar Edi Darnadi.

Ketua Umum PAN Hatta Rajasa menjelaskan, seleksi di Bandung hari ini merupakan babak pertama dari 11 kota yang akan dikunjungi program MAPAN ini. "Untuk Jakarta sebanyak 500 orang muda yang ikut mendaftarkan diri. Bandung kita harapkan lebih banyak karena kota ini merupakan pusat generasi muda yang kreatif dan mempunyai keinginan usaha yang kuat,” kata Men PAN Azwar Abubakar, dalam keterangan persnya, Minggu (22/4/2012).

Azwar menjelaskan, wirausahawan yang akan dibina dan didampingi PAN tidak harus kader PAN. "Tanpa embel-embel PAN, dan tidak harus menjadi kader PAN. Semua kami rangkul dan seleksi. Semuanya kami latih dan beri pendampingan," jelasnya.

Kota-kota berikutnya setelah Bandung yang akan dijadikan tempat seleksi adalah Medan, Palembang, Lampung, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Makassar, Banjarmasin, Aceh dan Jayapura.

"Mereka yang lolos tahap seleksi akan mendapatkan mentoring bisnis di enam kota tersebut, dan mendapatkan tambahan modal bagi grup yang berhasil membuka usaha baru dan stabil. Selanjutnya dengan munculnya pengusaha baru dari 11 kota tersebut diharapkan mereka dapat membentuk jaringan bisnis satu sama lain dan bisa berbagi pengalaman secara berkesinambungan," terang Azwar.

Program pelatihan kewirausahaan ini ditujukan untuk masyarakat usia 17 hingga 25 tahun. "Tujuannya untuk mencari entrepreneur muda yang mau dan gigih mengubah nasibnya, serta menciptakan lapangan kerja baru," tandasnya.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini