10 kiat majukan industri kerajinan ala SBY

Maikel Jefriando, Jurnalis · Rabu 25 April 2012 11:30 WIB
https: img.okezone.com content 2012 04 25 450 618075 5aktdeg2ql.jpg

Sindonews.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memberikan setidaknya 10 kiat yang harus menjadi pedoman para pelaku industri kerajinan agar mampu berkembang pesat. Yang pertama adalah perkembangan bisnis yang harus terus meningkat. Kedua, kualitas yang ditunjang dari kreatifitas individu.

"Ketiga adalah permodalan yang mudah diakses. Selanjutnya keempat adalah manajemen usaha dimana harus ada pelatihan dan didikan dari instasi negeri dan swasta," ucap SBY dalam kata sambutannya sekaligus membuka acara di Pameran Dagang Kerajinan Indonesia ke-14 Inacraft 2012 di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Rabu (25/4/2012).

Dirinya menambahkan yang tidak kalah penting adalah promosi dan pameran. Keenam, penjualan yang harus sukses. Selanjutnya adalah trend, serta harus ramah lingkungan dan bimbingan Pemerintah Daerah setempat. Untuk yang terakhir adalah kebijakan dan regulasi. "10 hal ini merupakan sangat penting, sehingga harus di kelola dan dikerjakan dengan baik," jelasnya.

Presiden SBY juga menyatakan industri kerajinan Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun. Serta dapat dikatakan menjadi proritas pemerintah, dan merupakan keputusan yang tepat. Menurutnya, tagline "aku cinta produk Indonesia" tidak cukup, namun juga harus disertai dengan aku beli produk Indonesia.

"Kalau aku cinta produk Indonesia itu nilainya 80, tapi kalau aku cinta produk indonesia dan beli produk Indonesia maka 100 nilainya," ungkapnya

SBY mengakui, setiap agenda Inacraft dari tahun ke tahun selalu dengan nuansa berbeda. Kali ini, Inacraft mengusung The Exotic West Borneo. Dimana Kalimantan Barat menjadi tuan rumah dalam pameran tersebut. "Rasanya kita seperti sedang berada di Pontianak atau di Kalimantan Barat, ada tugu khatulistiwa, rumah adat, sungai kapuas dan makanan-makanan asli," tandasnya.

Presiden juga mengakui setiap datang ke agenda Inacraft, tidak hanya memberikan sambutan atau membuka acara, namun ikut serta mengunjungi pameran kerajinan dan membelinya. (ank)

 

(hri)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini