UMKM Depok dapat pembinaan industri kreatif

Marieska Harya Virdhani (Okezone), Jurnalis · Rabu 25 April 2012 13:54 WIB
https: img.okezone.com content 2012 04 25 450 618201 DVwhg8X57S.jpg ilustrasi Foto: Koran Sindo

Sindonews.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok merealisasikan janjinya untuk memberikan pembinaan terhadap industri kreatif pelaku UMKM di kota Depok.

Adapun acara bertajuk pembinaan industri mikro kreatif tahun 2012 ini dibuka oleh Wakil Walikota Depok Idris Abdul Somad dan dihadiri pula oleh Kadisperindag Kota Depok Farah Mulyati, Kepala Dinas Koperasi, Pasar dan UKM, Kota Depok Herman Hidayat, Super Trainer Muda Indonesia Reza M Syarif, Perwakilan dari Kementerian Perindustrian dan Perdagangan RI, Para Peserta Pembinaan, Perwakilan OPD.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Depok Farah Mulyati menyampaikan bahwa kegiatan Pembinaan ini merupakan salah satu

bentuk dari delapan program unggulan Pemerintah Kota, yaitu melakukan pemberdayaan terhadap usaha mikro di Kota Depok tahun 2012-2016.

Setiap tahunnya akan ada 1.000 UMKM di Kota Depok yang akan difasilitasi dalam bentuk pembinaan maupun pemberian bantuan sarana dan prasarana. "Pembinaan ini tentunya akan menambah wawasan para wirausaha, pemerintah kota akan memberikan sarana dan prasarana, dan menambah pengetahuan para wirausaha di Kota Depok sehingga menjadi para wirausahawan yang tangguh," ungkap Farah.

1.000 pelaku wirausaha di Kota Depok akan dibagi menjadi empat Kelompok, dan masing-masing akan memperoleh dua kali pembinaan. Setelah

pembinaan usai dilakukan, Pemerintah Kota akan memberikan bantuan sarana dan prasarana.

Sementara itu Wakil Walikota, Idris Abdul Somad, MA pada kesempatan ini mengatakan bahwa usaha yang paling mulia adalah usaha yang dilakukan sendiri oleh seseorang dengan tenaganya sendiri. Dirinya juga menyampaikan bahwa Kegiatan ini adalah salah satu kegiatan dalam rangka menyambut HUT ke-13 Kota Depok.

"Pada era krisis ekonomi dan tidak stabilnya iklim investasi seperti sekarang ini sangatlah penting untuk mengembangkan UMKM sebagai salah satu kegiatan ekonomi yang dapat membuka lapangan kerja baru karena banyak diantara kita yang bermental employee (pegawai) saja, banyak yang tidak mengetahui pentingnya jiwa wirausaha, pola pikir kita harus dirubah untuk dalam membantu orang lain 'jangan kita memberikan ikan pada orang lapar, tapi kita berikan alat pancingnya'," tandasnya.

Selain sesuai dengan empat program andalan Kota Depok yang salah satunya yaitu mewujudkan SDM yang unggul, kreatif dan religius dan implementasi dari janji politis untuk memberdayakan Usaha Mikro dengan sasaran 5.000 pelaku usaha delapan program unggulan maka dilaksanakanlah pembinaan yang dilakukan secara bertahap. Untuk saat ini target peserta berjumlah 250 orang (mendapatkan bantuan sarpras) dan akan berlanjut sampai peserta mencapai 1.000 orang oleh Dinas KUKM dan Pasar.

 

(and)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini