Image

WIKA Gandeng Kobe Garap Proyek MRT

Yuni Astutik, Jurnalis · Kamis 10 Mei 2012, 13:48 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2012 05 10 278 627250 sc5zCW3daQ.jpg Ilustrasi. (Foto: Corbis)

JAKARTA - PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) melalui anak usahanya, PT Wijaya Karya Beton membentuk perusahaan patungan (Joint Venture) dengan PT Komponindo Betonjaya (Kobe) untuk menggarap proyek Mass Rapid Transit (MRT).

"Kita bisa menjalin joint venture yang pertama untuk industri beton pracetak dengan PS Mitsubishi, kita senang bisa bekerjasama dengan perusahaan yang berpengalaman 60 tahun dibidangnya," kata Direktur SDM dan Pengembangan WIKA Tonny Warsono, daam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (10/5/2012).

Menurutnya, pembentukan perusahaan patungan itu akan dihasilkan produk yang diperuntukkan bagi proyek-proyek infrastruktur di Indonesia. Sasarannya adalah proyek yang didanai oleh JBIC-STEP Loan Jepang dan beberapa proyek besar lainnya yang berada di sekitar Jabodetabek seperti MRT.

"Nama perusahaan patungan yang telah disepakati pihak Wika Beton dan Kobe adalah PT Wijaya Karya Komponen Beton atau PT Wika Kobe," ungkapnya.

Dalam joint venture ini, perusahaan akan bergerak di bidang industri beton pracetak. Modal dasar yang disepakati sebesar Rp374 miliar dengan modal disetor sebesar Rp95 miliar. Penyertaan saham dari masing-masing adalah Wika Beton sebesar 51 persen dan Kobe sebesar 49 persen.

Direncanakan pula, dalam waktu dekat akan dibangun pabrik di Kawasan Industri Karawang, Jawa Barat seluas 3,3 hektare (ha). Pabrik dirancang untuk mampu memproduksi beton pracetak, khususnya yang berkaitan dengan produk teknologi Jepang dalam memenuhi kebutuhan pembangunan MRT di Jakarta dan proyek lain nantinya.

Adapun penyertaan saham dari masing masing induk perusahaan adalah Wika beton 51 persen dan Kobe 49 persen dan masing-masing akan menempatkan personilnya dalam kepengurusan perseroan pada jajaran dewan komisaris, direksi dan tim manajemen.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini