LP3 fokus pengembangan UMKM

Herni Amir (Koran Sindo), Jurnalis · Sabtu 12 Mei 2012 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2012 05 12 450 628570 Y3l1it9tE4.jpg Ilustrasi

Sindonews.com - Kalangan pengusaha muda yang tergabung dalam Lembaga Pengusaha Pemuda Pancasila Sulawesi Selatan (LP3 Sulsel) akan membuat sektor usaha kecil dan menengah (UKM) sebagai salah satu pendorong kemandirian ekonomi kerakyatan.

Ketua DPD LP3 Sulsel Arianto Burhan mengatakan, kondisi UKM sekarang ini masih memprihatinkan karena masih terasing dari sumber-sumber modal, keahlian, informasi, dan peluang bisnis. Oleh karena itu, pemuda dengan jiwa kewirausahaan dan keahliannya diharapkan mampu memecah kebuntuan tersebut.

Melalui lembaga kepemudaan lanjutnya, harus bisa dibuka akses kemitraan dengan sumber modal bagi anggota UKM dengan jenis usaha yang bersentuhan dan bermanfaat bagi rakyat banyak.

Adapun fokus pengelolaan yang hendak digarap, yaitu para pelaku pasar tradisional yang mulai tergerus akibat meningkatnya bisnis ritel serta peningkatan kualitas kampong nelayan.  Dan ini akan menjadi agenda utama yang akan dirumuskan dalam Rapat Kerja yang akan digelar pasca pelantikan 14 mei mendatang.

Dari data sindonews, PD pasar sekarang mengelola 16 pasar tradisional ditambah 22 pasar tumpah dengan 12 ribu pedagang dan 105 toko dan lapak.  Sedangkan kampong nelayan tersebar dibeberapa wilayah seperti di Desa Tinumbu Dalam dan  Kec. Mariso kecamatan Tallo, Makassar.

“Kami akan menjalin kerjasama dengan SKPD terkait, membuka akses perbankan serta member bantuan langsung baik berupa edukasi maupun fisik seperti pengadaan alat tangkap," ungkap Arianto saat melakukan kunjungan ke redaksi SINDO bersama sejumlah pengurus LP3 Sulsel.

Diketahui DPD LP3 Sulsel baru menerima mandat pada 1 mei lalu.  Rencana pelantikan akan dilaksanakan di hotel horizon yang dihadiri sejumlah pejabat dan pengusaha seperti Gubernur Sulsel Syahrul yasin Limpo, Walikota Makassar Ilham Arif Sirajuddin, dan Ketua Kadin Sulsel Zulkarnain Arif. 

Pelantikan kepengurusan priode 2012-2015 itu sendiri akan dilakukan oleh Pimpinan LP3 Pusat Pahlevi Pangerang. “Setelah kepengurusan kami akan membentuk di tingkat kabupaten kota serta akanmembina 50 anggota termasuk dari kalangan kampus yang berminat jadi pengusaha muda,” katanya. (bro)

(hri)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini