nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wal Mart Incar Carrefour Kolombia & Brasil

Widi Agustian, Jurnalis · Rabu 13 Juni 2012 11:23 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2012 06 13 213 646377 2zw7dfgAkM.jpg Ilustrasi. (Foto: Reuters)

NEW YORK - Wal Mart Stores Inc tengah berusaha untuk mengakuisisi aset Carrefour SA di Amerika Latin. Hal ini terkait dengan krisis yang tengah melanda Eropa, termasuk Prancis, negara asal Carrefour.

Wal-Mart terus menekan Carrefour untuk menjual gerainya di Kolombia dan juga Brasil. Carrefour Kolombia menghasilkan penjualan 1,69 miliar euro setara USD2,11 miliar pada tahun lalu.

Wal-Mart menargetkan penambahan gerai di luar negeri untuk mendongkrak pendapatan dari luar negeri naik agar meningkat sampai 10 kali lebih besar dari penjualan di Amerika sendiri.

Kepala Bisnis Internasional Wal-Mart Doug McMillon pernah mengatakan, perusahaannya memang tengah mengkaji ekspansi ke Jepang dan Amerika Latin. Serta Kolombia merupakan salah satu negara tujuan ekspansinya.

"Wal-Mart menyadari bahwa strategi terbaik adalah dengan akuisisi, bukan membangun sesuatu yang baru. Kolombia adalah pasar yang prospektif dan Wal-Mart belum ada di sana," kata analis dari Kantar Ritel Bryan Gildenberg seperti dikutip dari Bloomberg, Selasa (13/6/2012).

Wal-Mart dan Carrefour disebut telah bertemu sejak dua tahun lalu. Adapun inisiatif pertemuan lebih banyak didominasi oleh Wal Mart.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini