Apindo: Prioritaskan UMKM, pemerintah hanya membual

Maikel Jefriando, Jurnalis · Rabu 13 Juni 2012 15:03 WIB
https: img.okezone.com content 2012 06 13 450 646561 DLcXDiIP1z.jpg Ilustrasi

Sindonews.com - Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) selalu diungkapkan pemerintah sebagai sektor prioritas dalam perekonomian. Hal itu diungkapkan karena UMKM adalah andalan penopang ekonomi dikala krisis menghadang.

Namun faktanya, ungkapan yang sering dilontarkan tersebut seakan hanya wacana, ketika diketahui masih banyak UMKM yang kurang pengetahuan tentang cara ekspor. 

"Banyak UMKM mau ekpor tapi tidak tahu caranya ekspor, itu gimana pemerintah? Padahal selama ini selalu dibilang UMKM adalah prioritas pemerintah," ujar Sekertaris Jenderal Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Suryadi Sasmita, saat ditemui di Kementerian Perdagangan, Jakarta, Rabu (13/6/2012).

Dia mengatakan, UMKM seharusnya mendapat pengetahuan yang layak terkait ekspor keluar negeri. Selain itu, menurutnya UMKM juga harus diberikan insentif ketika ada pameran di luar negeri.

"Jutaan pengusaha UKM dan UMKM harusnya dikoordinir, mereka itu kekuatan bisnis kita, 99 persen perekonomian Indonesia itu ditopang dari UMKM," jelasnya.

Suryadi menegaskan, jika hanya sebatas ini kerja pemerintah, maka cita-cita untuk menjadikan UMKM pentolan ekonomi negara sulit tercapai. "Masa produk UKM-UMKM hanya dibawa oleh turis yang kebetulan mengunjungi Indonesia, seharusnya kita bisa mengekspor langsung," pungkasnya. (bro)

(hri)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini