Share

CEO kini makin sadar teknologi

(koran Sindo), Koran SI · Senin 18 Juni 2012 10:39 WIB
https: img.okezone.com content 2012 06 18 452 649001 WlBWjHxe2f.jpg ilustrasi Foto: Corbis

Sindonews.com - Pesatnya perkembangan teknologi saat ini mengubah pandangan para chief executive officer (CEO) dalam menjalankan bisnis. Hal inilah yang terungkap dari hasil penelitian IBM (IBM CEO Study 2012).

Sebagian besar CEO menganggap penggunaan teknologi semakin dibutuhkan. “Sekitar 71 persen CEO global yang berasal dari berbagai industri di seluruh dunia menilai teknologi adalah faktor utama yang memengaruhi masa depan perusahaan,” kata Consulting Services Leader Global Business Services IBM Indonesia Shyam R Mamidi.

Follow Berita Okezone di Google News

Teknologi, kata Shyam, dapat memberikan banyak manfaat bagi seseorang untuk menjalankan bisnis, mulai dari mengembangkan bisnis,hingga memperluas jaringan. Karena itu, tren pemakaian dan pemanfaatteknologidiperkirakan akan memengaruhi CEO mengelola perusahaan dalam jangka waktu tiga tahun ke depan. “Teknologi juga dapat difungsikan untuk menyusun strategi dalam persaingan usaha,”ungkap Shyam dalam acara temu wartawan di Jakarta beberapa waktu lalu.

Para CEO masa kini tidak hanya menyadari kebutuhan teknologi di perusahaan, mereka juga mulai menyadari pentingnya teknologi untuk analisis bisnis yang lebih canggih.

Misalnya untuk menggali data yang dilacak secara online, terutama data di situs jejaring sosial. “Sehingga dengan semua manfaat ini, wajar bila para CEO saat ini menjadi semakin gencar dalam memaksimalkan penggunaan teknologi,” ujarnya. Berdasarkan hasil survei IBM, tujuh dari 10 CEO atau 73 persen CEO global dan 73 persen CEO ASEAN mengaku mereka rela menambah dana investasi guna meningkatkan kemampuan teknologi perusahaan, termasuk untuk informasi teknologi.

Hal ini wajar sebab hanya dengan bantuan teknologi,perusahaan dapat memperoleh wawasan yang lebih luas tentang berbagai data berharga. “Salah satunya seperti mengetahui komentar para pelanggan yang ada di berbagai situs jejaring sosial. Bagi perusahaan, data ini informasi paling bernilai,”katanya. Karena itu,para CEO dituntut untuk lebih memahami dan mengerti penggunaan teknologi secara keseluruhan.

Mulai dari perangkat hingga aktivitas dunia maya.“Sehingga CEO dapat lebih memaksimalkan kinerja dan pencapaian mereka,” pungkasnya. Survei ini juga menunjukkan, faktor penting lain yang juga memengaruhi masa depan perusahaan ialah pengembangan kemampuan sumber daya manusia (SDM).Sebagian besar CEO menganggap,hanya dengan SDM yang andal dan berkualitas nilai ekonomi perusahaan dapat dipertahankan.

Sementara itu,Country Manager Global Business Service IBM Indonesia Widita P Sardjono mengatakan, makin besarnya kesadaran para CEO terhadap pentingnya teknologi karena mereka semakin merasakan manfaat bisnis yang didapat. “Salah satunya mendapatkan data lengkap tentang pasar yang sedang berkembang,” ungkapnya kepada SINDO.

Untuk memaksimalkan hal tersebut,para CEO mulai menjalin kerja sama intensif dengan para chief information officer (CIO) yang ada di perusahaan. Kerja sama ini diharapkan dapat memanfaatkan perkembangan teknologi untuk mendapatkan data dan informasi yang lebih lengkap. Tujuannya memberi kontribusi pada pengembangan bisnis perusahaan.

(and)

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini