Konjen Jepang siap fasilitasi investasi perikanan di Sibolga

Jonny Simatupang (Koran Sindo), Jurnalis · Kamis 28 Juni 2012 19:42 WIB
https: img.okezone.com content 2012 06 28 450 655621 EERoLuD1bS.jpg ilustrasi Foto: ist

Sindonews.com - Konsulat Jenderal (Konjen) Jepang di Medan Yuji Hamada menyampaikan kesiapannya menjadi fasilitator investasi di bidang industri perikanan di Kota Sibolga. Bahkan jika Pemerintah Kota (Pemkot) Sibolga berniat menjalin kerjasama dengan Pemerintah Jepang, pihaknya juga siap jadi fasilitatornya.

“Kita melihat, Sibolga memiliki potensi yang cukup besar di bidang perikanan, maka itu kita akan mempelajarinya lebih lanjut hingga nantinya akan terwujud sebuah kerja sama investasi dengan Pemko Sibolga,” kata Yuji Hamada, usai melakukan kunjungan kehormatan (courtesy call) ke Wali Kota Sibolga, Kamis (28/6/2012).

Pihaknya yakin, latar belakang budaya Jepang dengan Indonesia memiliki banyak kesamaan, sehingga akan memudahkan kedua belah pihak untuk bekerja sama. Jepang memiliki teknologi, sedangkan Indonesia memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah sehingga dapat menjalin kerja sama yang saling menguntungkan satu sama lainnya.

Yuji Hamada menuturkan, Kota Sibolga memiliki potensi dan keunggulan di bidang kemaritiman. Sementara Kabupaten Tapteng juga memiliki potensi dan keunggulan lainnya semisal di bidang pertanian dan perkebunan, kemudian situs sejarah yang dapat dikembangkan untuk menghidupkan sektor industri pariwisata.

“Makanya, selama berada di sini, saya juga akan mengunjungi berbagai situs sejarah di Tapteng dan Sibolga. Mudah-mudahan, semua potensi yang ada tersebut nantinya dapat dikerjasamakan dengan para investor maupun pemerintah Jepang,”ucap Yuji Hamada.

Sebelumnya, Wali Kota Sibolga Syarfi Hutauruk mengungkapkan, Pemkot Sibolga sangat menyambut baik dan memberikan apresiasi yang tinggi atas kunjungan Konjen Jepang di Kota Sibolga.

“Kami berharap, kerjasama tersebut dapat terwujud, sehingga perekonomian warga di Kota Sibolga dapat tumbuh dan berkembang menjadi lebih baik di masa mendatang,” tutur Wali Kota.

Di kesempatan itu, Wali Kota Syarfi Hutauruk didampingi sejumlah pejabat Pemkot Sibolga, mangulosi dan memberikan cinderamata kepada Konjen Jepang di Medan Yuji Hamada.

(and)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini